Identik dengan Daging, Warga di Wakatobi Justru Pilih Ikan sebagai Menu Idul Adha

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
Identik dengan Daging, Warga di Wakatobi Justru Pilih Ikan sebagai Menu Idul Adha
Penjual ikan di pasar Pelangi Marina Wakatobi tengah melayani pembeli untuk persiapan menu saat Idul Adha. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Menu di setiap lebaran identik dengan daging, begitupun di Kabupaten Wakatobi. Meskipun demikian sejumlah warga lebih memilih ikan sebagai menu lebaran "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Menu di setiap lebaran identik dengan daging, begitupun di Kabupaten Wakatobi. Meskipun demikian sejumlah warga lebih memilih ikan sebagai menu lebaran.

H-2 Idul Adha, banyak warga mulai memadati pasar Pelangi Marina Wangi-Wangi. Terlihat sibuk berbelanja untuk kebutuhan lebaran. Mulai dari bumbu dapur, kue kering, kulit lapa-lapa yang merupakan makanan khas Wakatobi, dan tidak lupa ikan segar yang membanjiri pasar Pelangi Marina.

Salah seorang penjual ikan, Mahyani menyebut, harga ikan berbeda dengan harga daging yang tidak mengalami kenaikan meski jelang lebaran. Bahkan harga ikan cakalang yang biasa dijual Rp 70 ribu hingga 80 ribu per ekor menjadi Rp 50 ribu per ekor. Hal itu disebabkan karena melimpahnya ikan yang dijual di pasar.

Ia juga mengungkapkan, meski di setiap lebaran banyak yang membeli daging sapi atau ayam. Namun tak sedikit warga Wakatobi memburu ikan untuk lebaran nanti. Karena dinilai kurang jika tidak ada ikan di menu lebarannya.

Baca Juga: DPRD dan Pemkot Pantau Persiapan RPH Kota Kendari Jelang Idul Adha 2023

"Iya masih banyak yang beli, karena di sini masyarakatnya sudah biasa makan ikan," ucapnya.

Sementara salah seorang warga yang saat itu baru membeli ikan cakalang, Nurhalima mengungkapkan, di setiap lebaran menu yang harus disajikan yaitu ikan. Selain murah juga karena keluarganya yang tidak terlalu menyukai daging.

Baca Juga: H-2 Idul Adha, Harga Pangan di Dua Pasar Muna Barat Tergolong Stabil

"Karena ikannya juga lebih fresh. Terlebih orang di rumah juga kurang yang makan daging, jadi lebih milih ikan," tuturnya.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh pembeli lainnya, Wa Rina menuturkan, di setiap menu lebaran selain daging juga harus ada ikan. Masakan ikan khas Wa Rina di setiap lebaran yakni ikan santan.

"Kalau lebaran beli juga ikan. Tapi biasanya belinya itu H-1 lebaran. Menu ikan di setiap lebaran harus ada karena suamiku tidak menyukai daging," ucapnya, Selasa (27/6/2023). (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga