Ijtima Ulama Rekomendasikan Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 19 November 2023
0 dilihat
Ijtima Ulama Rekomendasikan Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, saat menghadiri pembukaan Ijtima Ulama di Kompleks Majelis Az Zikra, Sentul, Bogor, Sabtu (18/11/2023) pagi. Foto: Ist.

" Gabungan para ulama memutuskan mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN) di Pilpres 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID – Gabungan para ulama yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Ulama, Persaudaraan Alumni (PA) 212, dan Front Persaudaraan Islam (FPI) memutuskan arah dukungannya kepada pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN) di Pilpres 2024.

Arah dukungan itu dipastikan setelah tri pilar tersebut lewat ijtima ulama, mengeluarkan rekomendasi kepada paslon capres-cawapres nomor urut 1 dengan berbagai pertimbangan. Rekomendasi ijtima ulama dihasilkan melalui rapat tertutup selama kurang lebih 11 jam.

“Capres dan cawapres yang direkomendasikan adalah yang tadi pagi datang yaitu Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” kata anggota Steering Committe (SC) Ijtima Ulama, Aziz Yanuar, saat membacakan hasil ijtima ulama di Kompleks Majelis Az Zikra, Sentul, Bogor, Sabtu (18/11/2023) malam.

Hasil ijtima ulama ini juga melahirkan 13 poin penting yang dituangkan ke dalam pakta integritas.

Baca Juga: Kontroversi Penyebaran Nyamuk Wolbachia: Ditolak di Bali, Dilanjutkan di Lima Kota di Indonesia

“(Hasil ijtima ulama) Disepakati pakta integritas. Ada sekitar 13 poin yang kemudian nanti akan dibawa pakta integritas tersebut oleh utusan. Kemudian akan disampaikan kepada capres-cawapres yang memang direkomendasikan oleh acara ijtima ulama ini,” jelas Azis.

Ijtima ulama ini hanya mengundang Anies dan Cak Imin. Azis beralasan, pihaknya tidak mengundang dua paslon lainnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Anies dan Cak Imin sempat hadir pada pagi hari sebelum menghadiri agenda kegiatan lain mereka di berbagai tempat.

Azis mengatakan, kehadiran Anies-Cak Imin ke ijtima ulama sebagai bonus dan pihaknya lebih menitikberatkan kepada kriteria. Dia pun mengingatkan bahwa pihaknya tidak ingin memberikan suara begitu saja seperti pada Pilpres 2019.

“Kita tidak mau membeli kucing dalam karung dan kita menitikberatkan kepada hal-hal yang harus dipahami. Kita tidak mau memberikan suara begitu saja. Kita belajar dari pengalaman dahulu, kita bulat-bulat mendukung kepada satu calon, lebih karena pertanggungjawabannya,” beber Azis.

Sebelum mengeluarkan rekomendasi dari ijtima ulama ini, SC Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional 2023, Habib Muhammad bin Husein Al Athos, mengatakan bahwa pihaknya terlebih dulu mempelajari visi dan misi tiga capres-cawapres.

Setelah mencermati lebih dalam, Habib Muhammad mengatakan, Anies dan Cak Imin punya visi dan misi yang secara psikologis dekat dengan ulama.

“Kita melihat bahwa dari tiga calon ini, yang visi misinya punya kedekatan secara psikologis, secara hal-hal yang berkaitan dengan ulama itu ada pada calon (Anies-Cak Imin, red) yang tadi pagi kita undang. Sehingga kita uji visi misinya itu, apa yang kita dengar di ijtima,” jelasnya.

Anies dan Cak Imin sempat berpidato di hadapan peserta ijtima ulama. Anies saat berpidato menegaskan bahwa ulama bukanlah musuh negara. Melainkan tempat mendapatkan nasehat dalam mengambil keputusan.

Menanggapi rekomendasi ijtima ulama yang mengarahkan dukungan kepada dirinya dan Cak Imin di Pilpres 2024, Anies secara tegas menyatakan akan memegang teguh dan menjalankan dengan sebaik-baiknya amanah yang diberikan.

Baca Juga: Cawapres Cak Imin dan Mahfud Dilapor ke Bawaslu karena Pantun

“Kami mengapresiasi dan memandang ini sebagai sebuah amanah, sebuah kepercayaan bahwa ikhtiar untuk melakukan perubahan makin banyak mendapatkan dukungan,” ujar Anies.

Anies meyakinkan bahwa perubahan yang akan dilakukan bersama Cak Imin lewat Koalisi Perubahan akan membawa keadilan bagi banyak pihak. Dia pun menyebut rekomendasi dari ijtima ulama ini menjadi penyemangat bagi pasangan AMIN.

“Kita ingin perubahan itu nantinya memprioritaskan keadilan dalam semua aspek pengambilan kebijakan. Adanya dukungan yang disampaikan tadi merupakan tambahan semangat bagi kami,” tandas Anies.

Turut hadir di ijtima ulama antara lain Ketua Majelis Syuro PA 212, Yusuf Martak; Sekretaris Dewan Syuro PA 212, Slamet Ma’arif; Wasekjen PA 212, Novel Bamukmin; dan Habib Rizieq Shihab, Habib Muhammad Hanif Al-Attas. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga