Ikan Hiu Bisa Tumbuhkan Giginya dalam 24 Jam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
Ikan Hiu Bisa Tumbuhkan Giginya dalam 24 Jam
Gigi hiu terlepas karena berbagai faktor, namun hiu punya kemampuan untuk segera menumbuhkan giginya yang baru dalam waktu 24 jam. Foto: Repro Suaramuhammadiyah.id

" Hiu punya kemampuan untuk segera menumbuhkan giginya yang baru dalam waktu 24 jam "

KENDARI, TELISIK.ID - Ikan Hiu atau Cucut adalah sekelompok ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap. Hiu terkenal sebagai salah satu ikan yang cukup ganas. Bahkan memiliki gigi yang sangat tajam semakin menambah aura keganasan ikan tersebut.

Hiu terkenal dengan giginya yang tajam yang mampu merobek daging mangsanya dengan cepat. Namun siapa sangka ikan ini termasuk ikan yang memiliki gigi yang mudah rontok. Hiu juga bisa kehilangan giginya ketika melakukan perburuan mencari mangsa.

Melansir Brilio.net, hiu memiliki gigi tajam dan runcing. Gigi-gigi tersebut terlihat sangat menyeramkan dan sangat berguna ketika dipakai untuk membunuh mangsanya. Namun meskipun diketahui memiliki gigi-gigi yang sangat tajam dan mengerikan, ternyata gigi tersebut sangat mudah lepas dari mulutnya. Dengan kondisi tersebut, ikan hiu diketahui dapat kehilangan hingga 6.000 buah giginya hanya dalam jangka waktu satu tahun.

Mengutip Grid.id, gigi hiu terlepas karena berbagai faktor. Walaupun begitu, hiu punya kemampuan untuk segera menumbuhkan giginya yang baru dalam waktu 24 jam. Jumlah gigi hiu bervariasi mulai dari 30.000 - 50.000 buah, tergantung dari jenis dan umur hiu.

Baca Juga: Upaya HMJ Psikologi UHO Cegah Perilaku Bullying

Baca Juga: Sekolah Alam Kendari Jadikan Alam Terbuka sebagai Media Pembelajaran

Dikutip dari Okezone.com, para ilmuwan percaya ikan hiu menggugurkan sekira 35.000 gigi dalam seumur hidupnya. Hiu banteng misalnya memiliki 50 gigi dalam tujuh rangkaian terluar yang menjadi bagian paling fungsional. Sementara gigi hiu terkecil hanya berukuran 1,2 cm dengan ukuran rata-rata 17,7 cm. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga