adplus-dvertising

Ikuti Lomba Perawatan Motor, Siswa SMK Kendari Melaju ke Tingkat Nasional

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 14 September 2021
298 dilihat
Ikuti Lomba Perawatan Motor, Siswa SMK Kendari Melaju ke Tingkat Nasional
Kepala SMK Satria Kendari, La Resi (kiri) bersama siswanya, Farhanul Arqam (tengah) dan guru pembimbing, Indra Gunawan (kanan). Foto: Ist.

" Usai keluar menjadi juara, Farhanul bakal melaju ke tingkat nasional mewakili Sultra pada kompetensi tersebut. "

KENDARI, TELISIK.ID - Siswa SMK Satria Kendari, Farhanul Arqam, berhasil meraih juara 1 pada lomba Bidang Teknik Perawatan Sepeda Motor tingkat Provinsi Sultra.

Usai keluar menjadi juara, Farhanul bakal melaju ke tingkat nasional mewakili Sultra pada kompetensi tersebut.

Kepala SMK Satria Kendari, La Resi mengatakan, ada tiga kiat yang dilakukan oleh sekolah sehingga bisa mendukung keberhasilan siswanya.

Pertama, kata dia, pembelajaran lebih banyak porsi praktek dibanding teori. Kedua, mengangkat atau mengambil guru yang merupakan praktisi dan mantan kepala bengkel, dan ketiga ditunjang dengan peralatan praktek yang memadai.

"Selain itu dalam menghadapi lomba, siswa sebelumnya dilatih oleh guru secara intensif, serta pembimbing melatih mereka setiap sore setelah pulang sekolah, karena dalam lomba yang dibutuhkan bukan hanya ketepatan tapi juga kecepatan," ucap La Resi, Selasa (14/9/2021).

Lebih lanjut, La Resi mengatakan, materi lomba ada tiga jenis, yakni materi teoris, praktik meja, dan troubleshooting.

Baca juga: Jam Belajar Tatap Muka Terbatas Ditentukan Setiap Sekolah

Baca juga: Ilmuwan Temukan 5 Struktur Misterius di Bawah Lapisan Tebal Es Greenland

"Alhamdulillah sekolah kami bisa lolos, tentu saja dengan kesungguhan siswanya, karena kalaupun gurunya bersungguh-sungguh tapi siswanya tidak itu yang agak susah. Tentu juga dari dukungan orang tua siswa itu sendiri," ujar La Resi.

Sementara itu, Farhanul Arqam mengatakan, keberhasilan ini adalah berkat guru pembimbing yang selalu mengingatkan untuk fokus dan terus memperbaiki kecepatan penyelesaian pekerjaan, serta belajar lebih intens lagi.

"Saya merasa bangga karena bisa mengharumkan nama sekolah, pribadi dan kedua orang tua. Saya berharap bisa menjadi juara di level nasional," kata Farhanul.

Selain itu, guru pembimbing SMK Satria Kendari, Indra Gunawan mengaku sangat senang sebab itu berarti bahwa ilmu yang diberikan selama mengajar terbukti ada hasilnya.

"Semoga dalam tingkat nasional nanti Farhan bisa menjadi juara satu," harap Indra.

Untuk diketahui, perlombaan tingkat nasional masih menunggu koordinasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Sultra, serta pelaksanaanya jika dilihat dari juknis nasional akan diselenggarakan pada 24-30 Oktober. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga