Ikuti Prosesi Pemakaman, Bupati Muna: Selamat Jalan Baharuddin

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 14 Mei 2021
0 dilihat
Ikuti Prosesi Pemakaman, Bupati Muna: Selamat Jalan Baharuddin
Bupati Muna, LM Rusman Emba memimpin upacara pemakanan LM Baharuddin. Foto: Sunaryo/Telisik

" Selama jalan pak Baharuddin. Beristrahatlah dengan damai "

MUNA, TELISIK.ID - Mantan Bupati Muna periode 2010-2015, LM Baharuddin, Jumat (14/5/2021) telah dimakamkan di tempat perkuburan keluarga di Kelurahan Laende, Kacamatan Katobu.

Jenazah almarhum tiba di Muna dari Kendari sekira pukul 14.00 Wita menggunakan spead boad. Jenazah dijemput oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, Wakil Bupati, Abdul Malik Ditu, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta ribuan masyarakat di Pelabuhan Nusantara.

Isak tangis masyarakat tak terbendung saat peti jenazah diturunkan dari spead. Begitu juga, kala peti jenazah akan dibawa masuk ke dalam rumah duka. Ribuan masyarakat menangis histeris.

Baca Juga: Tiba di Bandara Haluoleo, Jenazah dr Baharuddin Diantar ke Kabupaten Muna

Jenazah lalu dimandikan dan dikafani. Setelah itu, pihak keluarga yang diwakili kakak almarhum, LM Saleh menyerahkan ke Pemkab Muna untuk prosesi upacara pemakaman.  

Bupati Muna, LM Rusman Emba yang menerima jenazah almarhum nampak tak bisa menahan harunya. Matanya berkaca-kaca. Ia merasa sangat kehilangan dengan sosok pria yang kerap disapa Dokter itu.

"Selama jalan pak Baharuddin. Beristrahatlah dengan damai," kata Rusman.

Mantan senator DPD-RI itu menyebut, Dokter telah banyak berbuat untuk daerah. Dokter telah meletakan pondasi dasar pembangunan yang kemudian ia sempurnakan.

"Beliau meninggalkan kesan mendalam yang tak akan terlupa hingga kapanpun. Petuah dan jejaknya akan terukir indah selamanya di hati masyarakat Muna," ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Muna Upacarakan Pemakaman Baharuddin

Rusman bersama istri, wakil bupati dan kepala OPD mengikuti semua proses pemakaman. Mulai dari penjemputan, upacara, disalatkan hingga penguburan yang berlangsung hingga pukul 18.00 Wita.

Dokter meninggal dunia pada Kamis (13/5/2021) sekitar pukul 14.42 Wita di Rumah Sakit (RS) Grestela Makassar. Ia mengidap penyakit maag akut.

Ia merupakan anak Raja Muna terakhir, La Ode Pandu. Ia meninggalkan satu orang istri dan lima orang anak (satu telah meninggal). (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga