Imbas Corona, Pemberangkatan Ratusan Jemaah Umrah Kendari Tertunda

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 29 Februari 2020
0 dilihat
Imbas Corona, Pemberangkatan Ratusan Jemaah Umrah Kendari Tertunda

" Efek kebijakan ini jadwal jemaah umrah Kota Kendari ikut berubah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan jemaah umrah asal Kota Kendari ditunda keberangkatkan ke Tanah Suci setelah Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kunjungan umrah ke negara tersebut.

Kebijakan yang dikeluarkan Kamis (27/2/2020), untuk menghentikan sementara kunjungan ibadah umrah mengantisipasi penyebaran virus Corona yang sudah terjadi di berbagai negara di dunia.

Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Kendari, Marwijid mengatakan, sekiranya ada 200 Jemaah Umrah Kota Kendari yang akan berangkat di awal Maret hingga masuk bulan Ramadhan (April) terpaksa keberangkatanya tertunda.

Baca Juga : Basarnas Kendari Butuh Helikopter

Padahal, sebelum kebijakan penangguhan diberlakukan beberapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kota Kendari telah siap untuk dilakukan pemberangkatan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

"Efek kebijakan ini jadwal jemaah umrah Kota Kendari ikut berubah," ujarnya Jumat (28/2/2020).

Perubahan jadwal akan ditetapkan kembali usai kebijakan penangguhan pemerintah Arab Saudi dicabut.

"Ketika kebijakan dicabut, maka akan dijadwalkan ulang," tambahnya.

Marwijid menyampaikan kepada jemaah yang keberangkatanya tertunda, agar dapat menghormati kebijakan pemerintah Arab Saudi, sebab ini sangat menyangkut dengan keselamatan seluruh jemaah.

"Tapi kami berharap ini tidak lama," harapnya.

Baca Juga : 2021 Wakatobi Prioritas Pariwisata Nasional

Sementara kepada pihak travel sebagai penyedia layanan umrah, agar dapat menyikapi kebijakan ini dengan bijaksana dan jangan merugikan jemaah.

Reporter: Musdar
Editor: Sumarlin

Baca Juga