Imbas Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Buton Terbengkalai

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
Imbas Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Buton Terbengkalai
Ratusan hektare sawah di Buton terbengkalai imbas kemarau panjang. Foto: Ist.

" Sering mengalami gagal panen akibat cuaca ekstrem, ratusan hektare sawah di Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, kini terbengkalai "

BUTON, TELISIK.ID - Sering mengalami gagal panen akibat cuaca ekstrem, ratusan hektare sawah di Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, kini terbengkalai.

Kepala Desa Lasembangi, Sabaparta mengatakan, para petani lebih memilih meninggalkan sawah dan beralih mengolah kebun yang lebih menjanjikan, namun sebagian terpaksa kehilangan pekerjaan alias menganggur.

"Desa ini dulunya memiliki 230 hektare lahan persawahan yang produktif dan pernah menjadi salah satu desa stok pangan di Kabupaten Buton," tuturnya, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga: Buton Menangkan Penghargaan API Award 2023

Ratusan hektare sawah di Desa Lasembangi yang dulu ditumbuhi padi, kini terbengkalai. Hamparan sawah kini dipenuhi rumput liar akibat ditinggalkan petani.

Ratusan hektare sawah ini ditinggalkan bukan tanpa alasan, seringnya gagal panen akibat cuaca ekstrem dan tidak memadainya saluran irigasi menjadi penyebab para petani kehilangan semangat untuk mengolah sawah.

Baca Juga: Ruang Kelas SDN 78 Buton Rusak Parah, DPRD Minta Pemda Lakukan Perbaikan

"Kemarau panjang saat ini, menyebabkan sawah kering, karena kurang memadai sistem irigasi jadi kami petani selalu gagal panen. Kini saya tidak mengolah sawah lagi, nganggur saja," ucap salah satu petani, Didit.

Saat ini Desa Lasembangi menggantungkan harapan dengan mengupayakan pembenahan sistim irigasi dengan melakukan perbaikan dan penggalian saluran irigasi baru agar sawah-sawah di desa tersebut dapat kembali diolah para petani. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga