Imbas Perbuatan Sang Anak, Rafael Alun Bakal Dimiskinkan?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 16 Maret 2023
0 dilihat
Imbas Perbuatan Sang Anak, Rafael Alun Bakal Dimiskinkan?
Rafael Alun, ayah Mario Dandy Satrio jika terbukti melakukan korupsi dan Undang-Undang Perampasan Aset telah disetuji oleh DPR, maka seluruh kekayaannya akan disita oleh negara. Foto: Tribunnews.com

" Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo kini harus siap-siap hidup miskin, bagaimana tidak? Ia memiliki kekayaan fantastis yang telah diamankan oleh PPATK "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo kini harus siap-siap hidup miskin, bagaimana tidak? Ia memiliki kekayaan fantastis yang telah diamankan oleh PPATK.

Dikutip dari Detik.com, PPATK telah melakukan pemblokiran rekening milik mantan pegawai Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo bahkan rekening keluarganya pun ikut diblokir.

Ivan mengatakan rekening keluarga Rafael Alun yang diblokir mulai dari istri dan anaknya. Mario Dandy Satriyo (20), salah satu anak Rafael yang viral karena kasus penganiayaan kepada anak pengurus pusat GP Ansor, Cristalino David Ozora (17), juga ikut diblokir rekeningnya.

Baca Juga: Mendekati Kekayaan Sri Mulyani, Kemenkeu Bongkar Harta Ajaib Rafael Alun Trisambobo

Melansir Wartaekonomi.co.id, pegiat media sosial Lis Turyanto mengungkapkan, keluarga besar Mario Dandy Satrio berpotensi jatuh miskin imbas dari kasus Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo.

Hal ini bisa terjadi jika Rafael Alun, ayah Mario Dandy Satrio terbukti melakukan korupsi dan Undang-Undang Perampasan Aset telah disetuji oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Maka para koruptor dan keluarga besarnya bisa terancam miskin karena hartanya bisa disita oleh pemerintah, seperti Rafael Alun yang disebut-sebut memiliki kekayaan Rp 1 triliun.

"Contohnya di kasus Pak Rafael Alun Trisambodo, kalau dia jadi tersangka korupsi, nanti hartanya yang konon mencapai Rp 1 triliun itu semuanya bisa langsung disita sama pemerintah," ungkap Lis.

"Pak Rafael, Ibu Rafael, anak-anak mereka, orangtua mereka, semuanya bisa langsung jatuh miskin gara-gara Pak Rafael yang udah jadi tersangka korupsi," sambungnya.

Baca Juga: Rafael Alun Pusing Deposit Box Puluhan Miliar Terbongkar Lagi, Bentuk Mata Uang Asing

Aset-aset dari para tersangka tidak bisa lagi dialihkan atau pun dibawa kabur jika dalam pengadilan telah terbukti melakukan tindakan korupsi yang merugikan negara.

Namun jika dalam pengadilan ia tidak terbukti korupsi, maka hartanya akan dikembalikan.

"Tapi kalau ternyata nanti di pengadilan gak terbukti orang itu udah korupsi, hartanya bakal dibalikin lagi," tandasnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga