Indonesia Bakal Gelar Piala Dunia U-17, Pengamat: Jangan Ada PDIP di Sepak Bola

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 17 Juli 2023
0 dilihat
Indonesia Bakal Gelar Piala Dunia U-17, Pengamat: Jangan Ada PDIP di Sepak Bola
Pengamat olahraga Akmal Marhali (tengah) memberikan sindiran lucu menggunakan akronim dalam kalimatnya, yaitu "jangan ada PDIP di sepak bola." Foto: Suara.com

" Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November sampai 2 Desember 2023 mendatang "

JAKARTA, TELISIK.ID - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November sampai 2 Desember 2023 mendatang.

Menghadapi Piala Dunia U-17, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap tak ada polemik. Harapan Erick Thohir ini tampaknya tidak lepas dari fakta bahwa sebelumnya Indonesia sudah gagal gagal menggelar Piala Dunia U-20, yang kemudian pindah ke Argentina dan dilangsungkan pada bulan Mei-Juni lalu.

Stadion Piala Dunia U-17 2023

Sehubungan dengan itu, Erick Thohir juga menyebut ada enam sampai delapan stadion yang disiapkan untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: Messi Mengaku Sudah Dapatkan Semua Dalam Sepakbola, Ternyata Piala Ini Belum

Nantinya, FIFA akan mengirim tim untuk mengecek ulang kesiapan stadion yang diusulkan untuk menggelar pertandingan dalam ajang yang melibatkan 24 negara termasuk tuan rumah Indonesia tersebut.

"Nanti bulannya akan saya kasih tahu, untuk pengecekan ulang. Tetapi ini yang saya bilang pengecekan awal diperlukan terutama untuk stadion belum pernah kami usulkan, seperti Bogor dan JIS ini yang saya tunggu," kata ketum PSSI dikutip dari Detik.com.

Disisi lain, Akmal Marhali mengemukakan tanggapannya mengenai polemik antara PSSI dan JIS menjelang Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Seperti yang diketahui, PSSI sebelumnya menyebutkan bahwa JIS akan direkomendasikan ke FIFA sebagai salah satu stadion untuk Piala Dunia U-17 2023.

Mengutip Suara.com, jaringan Telisik.id, sejak diresmikan pada April 2022 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan. Peresmiannya juga ditandai dengan turnamen internasional kelas junior, yaitu International Youth Championship 2022, yang melibatkan tim seperti Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, Bali United U-18, dan Indonesia All Stars U-20.

Pada 24 Juli 2022, JIS juga menjadi tempat Persija Jakarta bermain imbang melawan Chonburi FC dari Liga Thailand dalam pertandingan uji coba. Kegiatan-kegiatan tersebut dihadiri oleh penonton dengan jumlah yang beragam.

Namun, PSSI masih merasa bahwa JIS belum layak untuk menjadi tempat pertandingan. Sebagai seorang pengamat sepak bola nasional, Akmal Marhali mengajak semua elemen masyarakat untuk tidak menghubungkan dunia politik dengan olahraga.

Baca Juga: Tim Softball Putri Sulawesi Tenggara Tampil Memukau di Pra PON Softball 2023

Akmal Marhali menuturkan JIS adalah stadion dengan standar internasional, jadi kita harus bangga memiliki stadion internasional seperti ini. Di Jakarta ada juga GBK (Gelora Bung Karno) dan JIS.

"Ayo hentikan politisasi dan polemik terkait isu ini karena Piala Dunia U-17 2023 adalah acara olahraga, bukan politik,"

Keinginan Akmal ini disampaikan dengan sindiran lucu menggunakan akronim dalam kalimatnya, yaitu "jangan ada PDIP di sepak bol." (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga