Indonesia Ditargetkan Pengendara Motor Listrik Capai 2 Juta pada 2025

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 22 Februari 2022
0 dilihat
Indonesia Ditargetkan Pengendara Motor Listrik Capai 2 Juta pada 2025
Presiden Jokowi saat mengendarai motor listrik. Foto: Repro Antara

" Orang nomor wahid di Indonesia itu meyakini negera ini bisa memproduksi 2 juta unit motor listrik pada tahun itu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menargetkan masyarakat Indonesia mulai beralih ke motor listrik pada 2025.

Melansir cnnindonesia.com, hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada peluncuran ekosistem kendaraan listrik di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Orang nomor wahid di Indonesia itu meyakini negera ini bisa memproduksi 2 juta unit motor listrik pada tahun itu.

Presiden Jokowi ingin Indonesia menjadi negara produsen motor listrik. Dia yakin Indonesia bisa mengekspor sepeda motor listrik setelah menguasai pasar dalam negeri.

"Kita targetkan di 2025 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan masyarakat kita Indonesia dan selanjutnya kita bisa menuju ke pasar-pasar ekspor," kata Jokowi.

Jokowi mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wika meningkatkan kapasitas produksi motor listrik Gesits.

Baca Juga: Jokowi Ingin Indonesia Rajai Produsen Kendaraan Listrik

Dia menyarankan BUMN bekerja sama dengan produsen motor listrik negara lain, seperti Gogoro dari Taiwan, untuk meningkatkan kualitas produk.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong berbagai perusahaan dalam negeri mulai memproduksi baterai motor listrik. Dia berharap ekosistem kendaraan listrik bisa segera terbentuk sehingga peralihan ke transportasi ramah lingkungan bisa dimulai.

Baca Juga: Heboh Larangan Pengeras Suara di Masjid, Netizen: Jutaan Umat Siap Bersaksi di Akhirat Nanti

"Nanti di 2030 untuk emisi karbon berada di angka 29 persen, 2060 akan masuk emisi nol, net zero emission. Dengan didukung oleh ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir, negara kita Indonesia akan mampu merajai, menjadi produsen, kendaraan listrik," ucap Jokowi.

Jokowi mengapresiasi pembentukan ekosistem kendaraan listrik yang digagas sejumlah perusahaan. Dia berharap ekosistem tersebut mendorong masyarakat untuk segera beralih ke kendaraan listrik.

"Manajemen seperti ini yang diinginkan pemakai kendaraan dan akan menarik semua orang ke kendaraan listrik, yang paling penting tidak menimbulkan polusi," tuturnya.

Untuk diketahui, mengutip assarent.co.id, mobil listrik adalah kendaraan yang sepenuhnya atau sebagiannya digerakkan oleh motor menggunakan listrik di baterai. Sementara baterainya dapat diisi ulang. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga