Indonesia Gagal Juara Piala AFF U-23, Vietnam Berkuasa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 27 Agustus 2023
0 dilihat
Indonesia Gagal Juara Piala AFF U-23, Vietnam Berkuasa
Timnas U-23 Indonesia gagal menjadi pemenang Piala AFF U-23 2023 setelah kalah dari Vietman dengan skor akhir 5-6 di final. Foto: Repro Bolasport

" Timnas U-23 Indonesia kalah dengan skor akhir 5-6 dari Vietnam dalam drama adu penalti pada laga final Piala AFF U-23 2023 "

RAYONG, TELISIK.ID - Timnas U-23 Indonesia kalah dengan skor akhir 5-6 dari Vietnam dalam drama adu penalti pada laga final Piala AFF U-23 2023 di Rayong Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023).

Timnas U-23 Indonesia memulai pertandingan dengan langsung melancarkan serangan ke kubu Vietnam. Memasuki menit ke-13, Beckham Putra yang percaya diri mampu melewati sejumlah hadangan pemain Vietnam dan merangsek ke dalam kotak penalti.

Akan tetapi, posisi Beckham Putra yang terjauh membuat sepakannya kurang tepat sasaran, bola mengarah ke kiri gawang lawan. Lima menit berselang, Haykal Alhafiz menyisir dari sisi kiri yang diakhiri umpan matang ke mulut gawang lawan. Melansir Bolasport.com, jual beli serangan terjadi di babak pertama, namun hingga wasit meniup peluit, skor kacamata bertahan.

Memasuki babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain, utamanya di lini serang. Ramadhan Sananta dan Jeam Kelly Sroyer langsung diturunkan setelah dicadangkan secara mengejutkan di awal pertandingan.

Sebuah upaya dari Ramadhan Sananta pada menit ke-76 sempat memberikan ancaman. Namun, tendangan bebas striker Timnas Indonesia U-23 itu dimentahkan mistar gawang.

Baca Juga: Susunan Pemain dan Link Final Piala AFF U-23 2023: Indonesia Vs Vietnam

Skor 0-0 tidak berubah setelah waktu normal habis. Laga pun dilanjutkan kepada sesi perpanjangan waktu. Di babak perpanjangan waktu pun tidak ada gol kemenangan yang mampu diciptakan oleh kedua tim. Skor 0-0 membawa pertandingan kepada sesi adu penalti.

Dalam sesi tos-tosan, para penendang dari kedua tim sama-sama sukses mencetak gol. Hingga sampai waktunya Ernando Ari menjadi penendang dan gagal melaksanakan tugasnya. Timnas Indonesia U-23 pun kalah dengan skor 5-6 lewat adu penalti.

Gelar Piala AFF U-23 ini adalah yang kedua berturut-turut bagi Vietnam setelah memenanginya pada 2022. Alhasil, Vietnam memimpin koleksi medali juara dalam empat edisi turnamen ini.

Berikut Daftar Juara Piala AFF U-23 dilansir dari detik.com.

2005

Juara: Thailand

Runner-up: Singapura

Posisi 3: Myanmar

Posisi 4: Malaysia

2019

Juara: Indonesia

Runner-up: Thailand

Posisi 3: Vietnam

Posisi 4: Kamboja

Baca Juga: Semifinal Piala AFF U-23: Indonesia Libas Thailand 3-1

2022

Juara: Vietnam

Runner-up: Thailand

Posisi 3: Timor Leste, Laos

2023

Juara: Vietnam

Runner-up: Indonesia

Posisi 3: Thailand

Posisi 4: Malaysia. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga