adplus-dvertising

Indonesia Tempati Urutan ke-2 dengan Gamers Terbanyak di Dunia

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 29 April 2022
881 dilihat
Indonesia Tempati Urutan ke-2 dengan Gamers Terbanyak di Dunia
Diantara 44 negara, Indonesia menduduki peringkat kedua dengan pengguna internet yang paling banyak bermain game. Foto: Repro suara.com

" Perkembangan teknologi dan internet saat ini sangat berbanding lurus dengan perkembangan game diseluruh negara "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan teknologi dan internet saat ini sangat berbanding lurus dengan perkembangan game diseluruh negara. Termasuk Indonesia, yang saat ini banyak dari masyarakatnya betah bermain game hingga berjam-jam.

Hal itu, tentu disebabkan juga dengan penggunaan handphone yang terlalu sering. Seperti dikutip dari merdeka.com, Menurut App Annie, adanya keinginan untuk membuka handphone setiap harinya karena adanya dorongan kumulatif momen mikro yang secara terus-menerus sepanjang hari.

Biasanya pengguna memeriksa email, melihat artikel berita, memeriksa keuangan mereka via mobile, atau sekadar bermain game.


Nah, baru-baru ini HootSuite bersama dengan perusahaan media asal Inggris, We Are Social merilis laporan bertajuk "Digital 2022 April Global Statshot Report".

Melalui laporan tersebut, We Are Social mengungkap daftar negara dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game di antaranya termasuk Indonesia.

Baca Juga: Produsen Mobil Asal Jerman, BMW Luncurkan Sedan Listrik Mewah

Dikutip dari kompas.com, data yang terdapat dalam laporan "Digital 2022 April Global Statshot Report" dikumpulkan berdasarkan pengguna internet yang berada direntang umur 16 hingga 64 tahun.

Indonesia sendiri menduduki peringkat kedua di antara 44 negara dengan dengan gamers terbanyak di dunia.

Tercatat 95,4 persen pengguna internet di Tanah Air bermain game di berbagai macam perangkat, mulai dari PC, konsol, VR, hingga platform media streaming.

Berada di posisi puncak, Filipina berhasil menguasai urutan pertama dengan total persentase yang mencapai 96,7 persen. Urutan lima besar dalam daftar ini nampak didominasi oleh negara yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Hal ini terlihat dari munculnya nama Vietnam dan Thailand di peringkat keempat dan kelima. Masing-masing dari negara tersebut mengantongi persentase 93 persen dan 92,6 persen.

Sementara itu, Turki dinobatkan sebagai negara kelima (92,3 persen) dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game di beragam jenis perangkat.

Secara garis besar, sebanyak 83,3 persen pengguna internet global pernah mencoba memainkan game di beragam jenis perangkat.

Namun, perangkat smartphone nampaknya lebih banyak disukai dengan total persentase mencapai 67 persen, kemudian PC dan laptop (37 persen), konsol (25,3 persen), tablet (16,1 persen), konsol hadheld (12,7 persen), media streaming (9,4 persen), serta VR (8,1 persen).

Baca Juga: Hasilkan Foto Low Light Keren di Smartphone Kamu dengan Cara Ini

Dalam laporan yang sama, We Are Social juga mengungkap secara keseluruhan rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna internet dunia untuk bermain game konsol.

Dihimpun KompasTekno dari We Are Social, Kamis (28/4/2022), rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan waktu sekitar 1 jam dan 23 menit setiap harinya untuk menikmati permainan di konsol. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga