adplus-dvertising

Indonesia Wajib Lakukan Ini Jika Mau Hancurkan Thailand di Leg Kedua Piala AFF

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 01 Januari 2022
699 dilihat
Indonesia Wajib Lakukan Ini Jika Mau Hancurkan Thailand di Leg Kedua Piala AFF
Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Thaildan di leg pertama Piala AFF 2020. Foto: PSSI

" Skuad Garuda harus bisa meraih kemenangan dengan minimal selisih lima gol untuk memenangkan Piala AFF 2020 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia akan menghadapi tugas berat saat melawan Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/2022) malam nanti.

Kekalahan 0-4 di leg pertama pada Rabu kemarin membuat langkah Indonesia untuk merebut gelar juara Piala AFF 2020 sangat sulit untuk diwujudkan. 

Skuad Garuda harus bisa meraih kemenangan dengan minimal selisih lima gol untuk membuka harapan meraih gelar juara di Asia Tenggara untuk yang pertama kalinya.


Meski terasa seperti mission impossible, namun sejatinya melakukan comeback dari tertinggal empat gol bukanlah hal yang mustahil. 

Dilansir dari KompasTV, Indonesia bisa meniru apa yang dilakukan Barcelona saat melawan Paris Saint Germain di babak 16 besar Liga Champions musim 2016/2017.

Saat itu Barcelona lebih diunggulkan ketimbang PSG. Sebab, Barcelona asuhan Luis Enrique sedang panas-panasnya mengandalkan trio tajam yakni Lionel Messi, Neymar Jr dan Luis Suarez.

Baca Juga: Menolak Menyerah, Egy Maulana Vikri Beri Respon Terus Berjuang Hadapi Thailand

Namun, di luar dugaan Barcelona justru tumbang 0-4 dari Les Parisiens julukan PSG. Saat itu, gol-gol PSG racikan Unai Emery dicetak Angel Di Maria pada menit 18 dan 55, serta Julian Draxler (40’) dan Edinson Cavani (72’).

Akan tetapi, hasil di atas tak membuat Blaugrana julukan Barcelona terpuruk. Di leg II yang digelar di kandang sendiri, Barcelona mencoba bangkit, meski butuh usaha ekstra yang mana mereka baru lolos jika menang selisih lima gol.

Pertanda mereka bakal lolos terlihat ketika Luis Suarez membuka skor pada menit ketiga. Kemudian di menit 40, fullback kiri PSG Layvin Kurzawa membuat gol bunuh diri sehingga di babak pertama Barcelona unggul 2-0.

Selanjutnya di menit 50, Lionel Messi membuat Barcelona unggul 3-0 atas PSG. Apes bagi Barcelona, PSG mempertipis kedudukan via aksi Edinson Cavani di menit 62.

Kondisi ini membuat Barcelona wajib mencetak tiga gol tambahan untuk lolos. Benar saja, Barcelona menambah tiga gol via aksi Neymar Jr (88’ dan 90+1) dan Sergi Roberto (90+5).

Alhasil, Barcelona menang 6-1 atas PSG dan lolos ke perempatfinal lewat agregat 6-5. Karena itu, peluang Timnas Indonesia belum tertutup mengingat masih ada laga leg II.

Sementara itu pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong menolak untuk menyerah kepada Timnas Indonesia meskipun pada leg pertama para pemainnya belum bisa bermain seperti yang diharapkannya.

Baca Juga: Mengenal Nualphan Lamsam, Wanita Kaya di Balik Perkasanya Thailand

"Kami tidak akan menyerah dan kami akan terus berjuang," ujar Shin Tae Yong.

Melansir dari Moneys.mt, juru taktik asal Korea Selatan tersebut menunjukkan sikap berkelas dengan menolak menuding kesalahan-kesalahan skuad Garuda.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu juga menjelaskan bahwa dirinya akan lebih fokus mengembangkan kelebihan pemainnya dibandingkan mencari kesalahan.

"Daripada terlalu fokus pada apa yang salah malam ini, saya akan mencari tahu apa yang berjalan dengan baik dan terus mendorong hal tersebut," ucap Shin Tae Yong menambahkan.

"Saya akan meningkatkan moral para pemain dengan fokus pada apa yang mereka lakukan dengan baik ketimbang apa yang tidak mereka lakukan di gim pertama," tegasnya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga