adplus-dvertising

Infografis: Cawapres Pendamping Anies, Trubus Rahadiansyah: Tergantung Partai Koalisi NasDem

Merdiyanto , telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
672 dilihat
Infografis: Cawapres Pendamping Anies, Trubus Rahadiansyah: Tergantung Partai Koalisi NasDem

" "

JAKARTA, TELISIK.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Namun, Anies belum disandingkan dengan siapapun sebagai pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menyebut sosok cawapres untuk Anies Baswedan tergantung dari calon partai koalisi NasDem, yang mana saat ini NasDem digadang-gadang dekat dengan PKS dan Partai Demokrat.

Nama yang cocok untuk berpasangan dengan Anies, kata Trubus, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).


Namun, tak menutup kemungkinan sosok dari PKS yakni Zulkieflimansyah yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Trubus menilai Zulkieflimansyah bisa saja menjadi cawapres potensial untuk Anies Baswedan mewakili wilayah Indonesia Timur. Akan tetapi, hal itu sulit dilakukan lantaran PKS tidak pernah solid untuk mengusung satu tokoh internal.

"Dia (Zulkieflimansyah) mewakili Indonesia timur, tetapi sayangnya PKS enggak pernah solid dari dulu. Buktinya, harusnya jatah Wagub DKI dari PKS, bukan Riza Patria," ucapya.

Saat ditanya soal sosok cawapres di luar calon partai koalisi NasDem, Trubus menilai, sosok Ridwan Kamil cocok untuk mendampingi Anies Baswedan.

Baca Juga