INFOGRAFIS: Diisukan jadi Calon Tunggal Ketum Golkar, Ini Profil Bahlil Lahadalia

Merdiyanto , telisik indonesia
Minggu, 18 Agustus 2024
0 dilihat
INFOGRAFIS: Diisukan jadi Calon Tunggal Ketum Golkar, Ini Profil Bahlil Lahadalia

" "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia disebut-sebut menjadi calon tunggal menggantikan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar. Berikut profilnya.

Bahlil Lahadalia lahir pada 7 Agustus 1976 di Banda, Maluku Tengah, Maluku. Ia berasal dari keluarga sederhana, ayah berprofesi sebagai kuli bangunan dan ibunya bekerja sebagai tukang cuci. Sejak kecil, Bahlil sudah membantu perekonomian keluarga dengan menjual kue di sekolah.

Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia sempat bekerja sebagai kondektur. Kemudian, ketika bersekolah di tingkat menengah atas, ia menjadi sopir angkot. Pekerjaan-pekerjaan ini ia lakukan demi bisa membeli sepatu dan melanjutkan pendidikan.

Berkat kegigihannya, Bahlil berhasil melanjutkan pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua. Selama masa kuliah, ia dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dalam keorganisasian, terbukti dari perannya sebagai Bendahara Umum Pimpinan Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Setelah lulus kuliah, Bahlil Lahadalia memulai kariernya sebagai pegawai kontrak di perusahaan Sucofindo. Bersama rekan-rekannya, ia kemudian mendirikan kantor konsultan IT dan keuangan. Pada usia 25 tahun, Bahlil ditunjuk sebagai direktur wilayah Papua di perusahaan tersebut, di mana ia memimpin 70 orang karyawan.

Sebelum diangkat menjadi menteri, Bahlil Lahadalia telah aktif dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sejak tahun 2003, kemudian membawanya menjadi ketua untuk periode 2015-2019. Melihat potensi besar sumber daya alam di Papua, ia mengembangkan bisnisnya dan kini memiliki 10 anak usaha yang beroperasi di bawah naungan perusahaan induk, PT Rifa Capital.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga
js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })();