Infografis: Tips Pilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat

Merdiyanto , telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
Infografis: Tips Pilih Hewan Kurban yang Baik dan Sehat
Foto: Ilustrasi Merdi

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban sebentar lagi. Bagi Anda yang hendak berkurban, sebaiknya sudah mulai menyiapkan hewan yang akan disembelih.

Dilansir dari Digest.republika.id dan Medcom.id, berikut tips memilih hewan kurban yang baik.

Pertama, jantan (atau bisa pula betina non-produktif) sehat dengan badan tegap, tubuh simetris proporsional, gerakannya lincah, cenderung agresif, ceria, nafsu makan normal, dan tampilannya sehat.

Kedua, saat berjalan normal, aktif bergerak, tidak pincang, tidak lunglai atau lemah. Jika sakit, nafsu makan hilang, malas berjalan, dan tubuh lemah.

Ketiga, normalnya hewan yang sehat memiliki mata yang berbinar, hidung basah berembun, bulu-bulu halus mengkilap dan lembut (tidak kasar atau kusam). Salah satu indikasi ada cacing hati adalah bulu kusam, tegak atau kaki, dan kasar.

Keempat, tidak ada bercak darah atau darah yang mengalir keluar dari lubang-lubang tubuh, seperti: lubang mata, hidung, mulut, telinga, dubur, dan kemaluan. Salah satu indikasi hewan terinfeksi Anthrax adalah keluar darah dari lubang-lubang di tubuhnya.

Kelima, kuku di keempat kakinya kuat, sehat, dan utuh. Bibir tidak sariawan. Salah satu indikasi hewan terserang virus penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah nampak ada luka seperti sariawan di sekitar mulut atau bibir, gusi (di sela gigi), lidah sapi, kulit di atas kuku kaki, over salivation (air ludah banyak keluar), demam (suhu tubuh 40-41 derajat celsius), nafsu makan hilang, kaki pincang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga