Infrastruktur Wisata Buton Utara Siap Dikembangkan

Laode Yus Asman, telisik indonesia
Selasa, 30 Maret 2021
0 dilihat
Infrastruktur Wisata Buton Utara Siap Dikembangkan
Wakil Bupati Butur Ahali,SH.MH bersama rombongan berada di Kota Sabang. Foto: Ist.

" Saya sangat bersyukur bisa mendampingi beliau, karena banyak pengetahuan yang saya dapat. Semoga beliau setuju dengan menjadikan Butur terkenal di mancanegara dengan pariwisata dan budaya lokalnya. "

SABANG, TELISIK.ID - Usai menghadiri Seminar Pra Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Banda Aceh, Wakil Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur) Ahali,SH.MH menuju Kota Sabang, Selasa (30/3/2021).

Wakil Bupati Butur, Ahali mengungkapkan, tujuanya ke Kota Sabang untuk melihat secara  langsung sekaligus mengamati  infrastruktur pariwisata dan pola manajemen pengelolaan serta pengembangan pariwisata yang ada di sana.

"Setelah kami kembali di daerah Butur, yang dibutuhkan tinggal kemampuan membuat secara teknis perencanaan pengembangan pariwisata yang ada di Butur," kata Ahali kepada Telisik.id melalui sambungan WhatsApp.

Menurut Ahali, pengambangan wisata di Butur sangat penting dan harus menjadi skala prioritas unggulan. Secara teknis perencanaan induk pengembangan pariwisata daerah harus benar-benar berbasis kondisi alami yang ditata, dan dikelola berdasarkan kondisi kekinian.

Lebih lanjut, ia menambahkan, perencanaan pengembangan sektor wisata harus dikemas dalam ide gagasan perencanaan yang brilian. Apalagi ditunjang dengan promosi serta akses infrastruktur darat, udara dan laut yang kini bakal segera dibangun di era pemerintahan saat ini.

“Program pembangunan Bandara Udara semenjak periode pertama beliau (Ridwan Zakariah) memimpin Butur yang lalu. Jalur udara merupakan gagasan, ide serta pemikiran beliau yang visioner jauh ke depan untuk kemajuan Butur, sehingga income pendapatan masyarakat makin meningkat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ia mengatakan bakal senantiasa mengawal dan mengajak tokoh masyarakat, lembaga organisasi, dan kaum intelektual dari generasi muda untuk bergandengan tangan, bersama-sama mengawal program pemerintah daerah (Pemda).

“Saya sangat bersyukur bisa mendampingi beliau, karena banyak pengetahuan yang saya dapat. Semoga beliau setuju dengan menjadikan Butur terkenal di mancanegara dengan pariwisata dan budaya lokalnya,” harapnya.

Baca Juga: KADIN Sultra Punya Tugas Pulihkan Ekonomi Daerah di Tengah Pandemi

Olehnya itu, ia menghimbau agar seluruh generasi millenial Butur, dapat berpartisipasi aktif dalam mempromosikan potensi wisata dan sumber daya alam yang ada di Butur, baik melalui teknologi informasi, media sosial (Medsos) seperti YouTube ataupun lainya.

"Ridwan Zakariah sebagai sosok pemimpin yang memiliki pengalaman yang mumpuni dalam organisasi birokrasi pemerintahan. Ini mesti menjadi harapan kita semua elemen di Butur, agar Butur segera maju sejajar dengan daerah laiinya," tambah Ahali.

Walaupun Bupati dan dirinya sebagai Wakil Bupati Butur yang belum cukup dua bulan usai dilantik, ia menyadari betapa banyaknya keterlambatan yang ada di Butur.

Sehingga, Wakil Bupati Butur ini meminta kepada seluruh masyarakat Butur, agar berbenah dalam segala hal.

"Terutama pola berpikir dan pola perilaku hidup, agar kita semua produktif sesuai bidang kehidupan kita masing-masing. Tanpa kesadaran, tentu kita tidak akan bisa memajukan daerah Butur yang kita cintai bersama," tutup Wakil Bupati Butur yang sementara berada di Kota Sabang Pulau Weh, Ujung Barat Indonesia. (B)

Reporter: La Ode Yus Asman

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga