Inggris Beri Duit Tiap Bulan Warganya yang Bantu Pengungsi Asal Ukraina

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 14 Maret 2022
0 dilihat
Inggris Beri Duit Tiap Bulan Warganya yang Bantu Pengungsi Asal Ukraina
Pemerintah Inggris berikan jutaan rupiah ke Warganya yang bantu pengungsi Ukraina. Foto: Headtopic.com

" Inggris akan membayar orang-orang yang membuka rumahnya untuk orang-orang Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia "

LONDON, TELISIK.ID - Inggris akan membayar orang-orang yang membuka rumahnya untuk orang-orang Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia.

Melansir Reuters.com, pemerintah Inggris mengatakan, skema baru yang disebut “Rumah untuk Ukraina” akan mengizinkan pengungsi dari perang datang ke Inggris, meskipun mereka tidak memiliki ikatan darah.

Inggris akan membayar tiap orang sebesar 350 poundsterling atau sekitar Rp6,5 juta per bulan jika mereka menawarkan pengungsi sebuah kamar atau rumah sementara untuk jangka waktu minimal enam bulan.

Perdana Menteri Boris Johnson telah berusaha untuk memperlihatkan Inggris sebagai negara yang ikut membantu akibat invasi Rusia – yang dianggap Rusia sebagai “operasi militer khusus” – usai mendapat kritik atas keterlambatannya dalam menerima pengungsi warga Ukraina.

Anggota parlemen dari semua partai politik telah mendesak pemerintah agar warga Ukraina mendapat visa dan tes biometrik sebelum tiba di Inggris.

Baca Juga: Rusia dan China Tuduh Amerika Buat Senjata Biologis dari Organisme Kelelawar di Ukraina

Di bawah skema baru, anggota masyarakat, badan amal, bisnis, dan kelompok masyarakat harus dapat menawarkan akomodasi melalui sebuah web pada akhir minggu depan.

“Inggris berdiri di belakang Ukraina di masa-masa tergelap mereka dan publik Inggris paham perlunya menyelamatkan banyak orang secepat mungkin,” kata Michael Gove, dilansir Zonabanten.com.

Baca Juga: Serang Ukraina, Biaya Operasi Militer Rusia Diperkirakan Capai Rp 288 Triliun per Hari

Ia juga mendesak semua negara untuk memberikan dan menawarkan bantuan serta dukungan untuk warga Ukraina.

“Saya mendesak orang-orang di seluruh negeri untuk bergabung dalam upaya nasional dan menawarkan dukungan kepada teman-teman Ukraina kita. Bersama-sama kita dapat memberikan rumah yang aman bagi mereka yang sangat membutuhkannya,” tambahnya.

Siapa pun yang menawarkan kamar atau rumah harus menunjukkan jika akomodasi atau bantuan tersebut memenuhi syarat dan standar. Jika diperlukan, mereka juga harus menjalani pemeriksaan catatan kriminal. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga