Ingin Jadi Guru? Ini 3 Kemampuan yang Wajib Kamu Miliki

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Ingin Jadi Guru? Ini 3 Kemampuan yang Wajib Kamu Miliki
Ilustrasi guru sedang mengajar. Foto: Repro Republika.co.id

" Guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu profesi atau pekerjaan yang cukup diminati masyarakat, khususnya mereka yang jadi mahasiswa memiliki cita-cita menjadi guru.

Mengutip wikipedia.org, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Secara formal, guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia

Dari dulu, peran guru sangat istimewa di mata masyarakat pada umumnya. Mengingat guru berperan penting dalam pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Catat, 4 Keahlian Ini Penting Dimiliki Generasi Milenial

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut tiga kemampuan yang harus diasah bagi yang ingin jadi guru:

1. Komunikasi

Kemampuan komunikasi penting untuk dimiliki semua lini pekerjaan, termasuk guru. Baik itu komunikasi verbal, tertulis, mau pun jenis komunikasi lainnya.

Baca Juga: Simak, 5 Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Kemampuan komunikasi yang tinggi bisa membantu Anda memberikan pendidikan yang lebih berkualitas bagi siswa.

2. Kesabaran

Melatih kesabaran sangat penting untuk para calon guru. Sebab, bukan tidak mungkin murid membutuhkan lebih dari satu kali penjelasan untuk bisa memahami apa yang diajarkan.

3. Kreatif

Memberikan pendidikan secara menyenangkan dan menarik memerlukan kreativitas yang tinggi. Dengan kreativitas yang tinggi, Anda bisa menyuguhkan pelajaran yang menyenangkan bagi siswa, membuat mereka lebih betah belajar di kelas. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga