Ingin Jadi Mualaf? Ini Cara Mudah Masuk Islam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 17 April 2021
0 dilihat
Ingin Jadi Mualaf? Ini Cara Mudah Masuk Islam
Ilsutrasi Al-Quran. Foto: Repro Okezone

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Cara pindah agama dan masuk Islam tidak sulit. Masuk ke dalam agama Islam sangatlah mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan.

Orang yang ingin masuk Islam cukup melafalkan dua kalimat syahadat dan menjalan kewajiban agama, seperti shalat lima waktu, puasa Ramadan, dan amalan ibadah lain-lain. 

Dilansir Suara.com jaringan Telisik.id, terkait bagaimana cara masuk Islam, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Kitab Al-Ghunyah telah memaparkan ketika seseorang ingin masuk dalam agama Islam.

Dari penjelasan Syekh Abdul Qadir ini, dapat dipahami bahwa ada tiga hal yang perlu dilakukan ketika ada orang yang masuk Islam. 

Pertama, membaca dua kalimat syahadat dan meyakini di dalam hati akan keesaan Tuhan dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Lafal syahadat yang mesti dibaca sebagai berikut:

Kalimat pertama yakni Asyhadu an la ilaha illallah. Artinya, “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.” 

Kalimat kedua, Wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah. Artinya, “Dan (aku bersaksi) bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.” 

Baca Juga: Bulan Ramadan, Israel Kembali Luncurkan Serangan Roket ke Palestina

Kedua, sebagian ulama mewajibkan mandi bagi orang yang baru masuk Islam, merujuk pada hadits yang disebutkan Syekh Abdul Qadir di atas. 

Sementara ulama lain berpandangan bahwa mandi tidak diwajibkan, tetapi hanya kesunnahkan saja. 

Ketiga, orang yang baru masuk Islam diwajibkan untuk shalat lima waktu dan mengerjakan kewajiban lainnya. 

Supaya paham mengenai tata cara pelaksanaan ibadah di dalam Islam, maka sangat dianjurkan bagi orang yang baru memeluk agama Islam untuk belajar dan mencari guru yang bisa membimbing mereka dalam melaksanakan ibadah sehari-hari. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga