Ingin Lebih Semangat Kerja di Hari Senin? Lakukan 9 Tips Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 18 Oktober 2020
0 dilihat
Ingin Lebih Semangat Kerja di Hari Senin? Lakukan 9 Tips Ini
Ilustrasi seorang karyawan mengatur rutinitasnya. Foto: Repro google.com

" Alhasil, begitu masuk hari Senin bukannya bersemangat bekerja, yang ada malah masih ingin malas-malasan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari weekend kadang membuat orang terlena dengan bersantai.

Alhasil, begitu masuk hari Senin bukannya bersemangat bekerja, yang ada malah masih ingin malas-malasan.

Meski demikian, tentu saja mau tidak mau aktivitas harus dimulai karena ada tanggung jawab yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja, apalagi bagi seorang pekerja atau karyawan.

Lantas, bagaimana cara agar semangat tetap terjaga di hari Senin? Berikut tips menjaga semangat bekerja meski habis menikmati hari libur, yang diambil dari golife.id.

1. Buat Jadwal Kegiatan

Setelah liburan dan bersenang-senang saat weekend, mungkin kamu lupa kegiatan apa yang harus kamu lakukan di hari Senin. Jangan sampai kamu melewatkan meeting penting gara-gara itu!

Untuk mengingatkan kamu kembali, buat jadwal kegiatan sehari sebelumnya. Tulis pekerjaan apa yang harus kamu selesaikan beserta jadwal aktivitas kamu.

Senin kamu akan lebih tertata. Semangat kamu pun bisa ikut membara agar dapat menyelesaikan semua yang sudah kamu tulis di jadwal tersebut.

Apabila dari pagi hari kamu sudah tidak tahu kegiatan kamu sendiri, kebingungan itu malah bisa bikin mood berantakan. Ujung-ujungnya jadi malas mengerjakan semuanya.

Baca juga: Cara Mengubah File JPG ke PDF dengan Mudah dan Cepat

2. Tidur Lebih Cepat

Menjaga stamina itu penting. Apalagi saat akan mengawali minggu yang baru setelah libur akhir pekan.

Persiapkan hal itu dari hari Minggu, salah satunya dengan tidur lebih cepat. Jadwal tidur yang baik berpengaruh terhadap kesehatan kamu. Tentu saja juga terhadap mood kamu di keesokkan harinya.

Tidak ada alasan untuk terjaga sampai dini hari. Simpan episode drama atau serial yang sedang kamu ikuti untuk libur akhir pekan selanjutnya lalu optimalkan waktu tidur kamu.

Jam tidur yang cukup akan membuat kamu lebih semangat di Senin pagi.

3. Mandi Air Dingin

Bangun pagi di hari Senin pasti terasa berat. Terutama setelah di akhir pekan bisa tidur sampai siang, susah rasanya untuk semangat bekerja kembali.

Cobalah atasi ini dengan mandi dengan air dingin. Basuh wajah kamu dengan air dingin agar segar dan membangunkan kamu.

Mungkin membayangkannya sudah membuat kamu menggigil duluan, akan tetapi setelah itu kamu akan merasa siap untuk memulai aktivitas. Segarnya juga akan turut membangkitkan semangat kamu di pagi hari.

4. Sarapan Sebelum Mulai Aktivitas

Sarapan juga termasuk salah satu yang tidak boleh terlewatkan. Sebelum berangkat kerja, usahakan untuk selalu menyantap sarapan kamu terlebih dahulu.

Selain penting untuk kesehatan, sarapan pun akan berpengaruh terhadap energi yang akan kamu gunakan untuk menjalani hari Senin. Biar tambah semangat.

Kalau lapar, pasti kerja pun jadi tidak produktif, semangat menurun, dan mood juga bisa jadi berantakan. Di perjalanan menuju kantor pun juga pasti sudah lemas.

Baca juga: Masih Sering Membentak Anak? Pikirkan Ini

5. Berangkat Lebih Pagi

Kalau kamu merasa hari Senin kamu bisa kacau gara-gara macet di perjalanan, maka berangkatlah ke kantor lebih pagi.

Apabila naik kendaraan umum, pasti belum terlalu penuh. Jadi kamu tidak perlu berdesak-desakan. Naik kendaraan pribadi pun sama, jalanan belum terlalu ramai.

Kamu punya banyak keuntungan dengan berangkat lebih pagi. Sampai kantor jadi lebih fresh, pekerjaan bisa mulai dikerjakan lebih awal, maka hari Senin kamu pun lancar!

6. Kuatkan Motivasi Kerja

Memulai minggu baru harusnya lebih semangat lagi dari minggu sebelumnya. Sudah terlanjur menganggap Senin hari yang “menyeramkan”, makanya banyak yang berat ketika menjalaninya.

Sebelum berangkat kerja, ingat lagi motivasi yang kamu punya. Kuatkan tekad kamu untuk mencapai karir yang tinggi atau apapun yang ingin kamu capai dari sekarang.

Agar tidak lupa, coba untuk menulis dan menempelkan goals kamu itu di tempat yang mudah terlihat, seperti di cermin, meja kantor, bahkan kalau perlu dijadikan wallpaper pada handphone kamu.

Bukan cuma pencapaian yang ingin kamu raih, bisa juga kamu tambahkan kalimat motivasi.

Dengan begitu kamu punya alasan untuk selalu semangat kerja terutama di hari Senin. Sekali malas datang, buru-buru lihat list apa yang ingin kamu capai itu!

7. Bereskan Meja Kantor

Senin pagi sampai di kantor lihat meja kantor berantakan. Ini pasti membuat kamu sudah malas kerja duluan.

Coba rapikan meja kerja kamu. Pilah barang-barang yang sudah tidak terpakai dan sebaiknya dibuang, seperti tumpukan kertas, alat tulis yang sudah habis, dan lainnya.

Tata ulang benda-benda, buat meja kamu semenyenangkan mungkin. Mungkin kamu bisa coba meletakkan bingkai foto yang menampilkan foto kamu dengan orang tercinta.

Kalau suasana asyik, bekerja pun lebih semangat sehingga produktivitas juga meningkat.

Baca juga: Coba Minum Jahe Campur Serai, Khasiatnya Menakjubkan

8. Hilangkan Semua Pikiran Negatif

Yang membuat kamu malas untuk kembali kerja di hari Senin biasanya datang dari diri kamu sendiri. Misalnya berbagai pikiran negatif yang belum apa-apa sudah bikin tidak semangat.

Daripada mengisi pikiran kamu dengan hal negatif yang belum terjadi, lebih baik motivasi diri kamu sendiri. Jangan membandingkan Senin minggu lalu ketika kamu dimarahi bos kamu habis-habisan dengan Senin hari ini.

Bisa jadi Senin ini akan jadi hari bagus di sepanjang karir kamu apabila kamu memulainya dengan semangat. Kalau pikiran kamu sudah suram duluan soal hari Senin, maka pikiran negatif itu akan mengikuti kamu dan malah bisa-bisa jadi kenyataan.

9. Buat Playlist Lagu Favorit

Biar Senin kamu semakin seru, buatlah playlist lagu favorit kamu untuk menemani kamu bekerja. Suasana kerja yang menyenangkan pasti akan membuat kamu tambah semangat.

Pilih lagu yang menambah semangat kamu, misalnya yang bergenre hip hop. Dengan beat lagu yang asyik, sambil menggoyangkan bahu kamu bisa terlena dalam pekerjaan kamu sampai lupa kalau sudah selesai.

Kalau mendengarkan lagu malah membuat kamu terdistraksi, cobalah mendengarkan alunan-alunan musik klasik. Ini akan membuat kamu lebih rileks.

Semua tergantung selera kamu yang penting kamu jadi lebih semangat ketika memulai aktivitas di hari Senin dengan playlist lagu yang kamu buat.

Demikian tip yang bisa kamu coba untuk membuat kamu kembali semangat kerja di hari Senin.

Namun demikian, sama seperti hari-hari lainnya, bisa saja di Senin ini akan datang hal baik kepada kamu terutama soal pekerjaan.

Berusahalah untuk melakukan segala pekerjaan kamu dengan maksimal. Selain itu, semua dimulai dari diri kamu sendiri. Kalau kamu sudah punya pikiran buruk, maka bisa saja itu yang akan terjadi kamu. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga