Ingin Menulis Novel? Berikut Caranya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Ingin Menulis Novel? Berikut Caranya
Ilustrasi menulis novel. Foto: Repro smkdiponegorodepok.sch.id

" Novel bukan hanya cerita bacaan semata, tetapi juga di dalamnya tersimpan pesan yang disampaikan oleh penulisnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Novel bukan hanya cerita bacaan semata, tetapi juga di dalamnya tersimpan pesan yang disampaikan oleh penulisnya.

Pesan itu bermacam-macam. Bisa pesan motivasi, religius, dan sebagainya. Makanya banyak orang yang menyampaikan kritikan atau ide-idenya lewat cerita novel.

Olehnya itu, jika kamu salah satu orang yang ingin menyampaikan pesan baik kepada seseorang, kelompok maupun pemerintah, salah satunya bisa melalui novel.

Hanya saja selama menulis novel ada saja kendala yang dihadapi. Biasanya penulis menemukan mental block yang membuat jalan cerita mandek dan tidak selesai-selesai.

Melansir yoursay.id, berikut lima cara yang dikutip dari Master Class untuk membuat proses menulismu jadi lebih mudah:

1. Cintai ceritamu

Mungkin kamu memiliki daftar ide cerita yang menanti untuk diwujudkan dalam tulisan-tulisan, tetapi pasti ada satu dari sekian ide yang paling kamu sukai. 

Mulailah dengan cerita itu. Banyak penulis menciptakan cerita terbaiknya ketika mereka sangat tertarik dengan karakter dan plot dalam ceritanya.

2. Jangan spill semua informasi kepada pembacamu

Saat menulis cerita, ingatlah untuk menahan beberapa informasi dan berikan sedikit dari apa perlu pembaca ketahui pada saat itu.  

Seperti teori gunung es Ernest Hemingway yaitu, tunjukkan kepada pembacamu puncak gunung es-nya saja. Detail pendukung seperti latar belakang, harus tetap tersembunyi sebaik mungkin, seperti massa gunung es di bawah permukaan air.

Dengan begitu, kamu juga akan meringankan pembaca daripada membuat mereka kewalahan dengan informasi dan memungkinkan mereka menggunakan imajinasi sendiri untuk mengisi kekosongan.

3. Tulislah kalimat yang sederhana

Tulisan yang lebih padat memiliki waktu dan tempatnya sendiri, tetapi kamu dapat menyampaikan poin-poin cerita menggunakan kalimat dan bahasa yang sederhana.  

Jadi, usahakan menggunakan bahasa yang ringkas saat menulis cerita, agar setiap kata dan kalimatnya mudah ditangkap dan memiliki tujuan yang jelas.

4. Menulislah setiap hari

Kamu tahu, para penulis hebat memiliki kebiasaan menulis yang teratur. Itu artinya penting untuk mendedikasikan waktu setiap hari untuk menulis.

Ada beberapa penulis yang menetapkan hitungan kata perhari. Misalnya, Stephen King menulis 2.000 kata sehari.

Baca Juga: Mengenal Gejala Fobia dan Tanda-Tandanya

Kamu juga dapat bergabung dengan grup menulis, itu akan melatihmu untuk bertanggung jawab kepada orang lain yang tentu akan memotivasimu lebih kuat. 

Dan, jangan khawatir ketika kamu mengalami hari menulis yang buruk atau kamu berjuang untuk mendapatkan beberapa kalimat di halaman kosong. Karena beberapa hari akan lebih produktif daripada yang lain. Intinya, semakin banyak kamu menulis akan semakin mudah.

5. Tentukan deadline dan konsisten

Punya target menyelesaikan novel hak yang penting. Apalagi jika kamu salah satu orang yang sedang mengejar novel pertamamu, tetaplah termotivasi dengan menetapkan deadline.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Ajarkan 5 Hal Ini Pada Anak Sejak Usia Dini

Dengan mengelola waktu yang baik, ini akan membantumu menyelesaikan novel dengan lebih mudah. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga