Ini 10 Karya Virgil Abloh yang Paling Mendunia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
0 dilihat
Ini 10 Karya Virgil Abloh yang Paling Mendunia
Virgil Abloh adalah seorang perancang busana, pengusaha, seniman, dan DJ dari Amerika Serikat. Foto: Repro Getty Images

" Virgil Abloh bisa dibilang menjadi sosok yang mengubah wajah industri mode dengan karya-karyanya yang inovatif "

CHICAGO TELISIK.ID - Virgil Abloh bisa dibilang menjadi sosok yang mengubah wajah industri mode dengan karya-karyanya yang inovatif.

Desainer yang meninggal di usia 41 tahun ini mampu mengemas gaya streetwear dengan konsep high-end yang sukses digemari banyak kalangan, khususnya anak muda.

Off-White menjadi bukti sekaligus 'warisan' dari Virgil Abloh, bagaimana brand bergaya urban bisa bersanding dengan label mewah tanpa kehilangan jati dirinya. Dipercaya sebagai direktur artistik Louis Vuitton untuk koleksi busana pria pun semakin mengukuhkan keberadaan pria keturunan Ghana ini sebagai insan kreatif yang revolusioner.

Dilansir dari detik.com, sepanjang kariernya sejak 2011 hingga tutup usia pada 2021, Virgil Abloh telah melahirkan banyak karya yang dikagumi dunia. Ini beberapa kreasinya yang paling ikonik.

1. Pyrex Vision

Pyrex Vision merupakan brand pertama yang didirikan Virgil Abloh pada 2012. Brand ini mempunyai visi untuk mengumandangkan pentingnya budaya pada generasi muda.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Sang Produser Ternama Mira Lesmana

Dia pernah membeli stok pakaian tak terjual dari Ralph Lauren seharga USD 40 (Rp 575 ribuan), lalu mencetak desain di atas bahannya dan menjualnya kembali seharga USD 550 (Rp 7,9 juta). Pyrex Vision yang tutup pada 2013 merupakan cikal bakal dari lahirnya Off-White.

2. Off-White Industrial Belt

Salah satu rancangan Virgil Abloh untuk Off-White yang jadi trendsetter. Strap belt bergaya industrial ini merupakan salah satu statement terpopuler dalam gaya streetwear di abad ke-21. Ikat pinggang dengan warna kuning mencolok ini diciptakan pada 2016.

3. Nike x off-Whie

Pada 2017, Virgil Abloh berkolaborasi dengan Nike menciptakan sneaker 'The 10'. Karya satu ini disebut-sebut sebagai sneakers hasil kolaborasi terbaik dan paling ambisius sepanjang masa.

4. Louis Vuitton Keepall

Salah satu karya Virgil Abloh sebagai direktur artistik Louis yang paling dikenal. Pada 2018, ia memodifikasi tas ikonik LV seri Keepall Bandouliere 50 jadi lebih kekinian. V vv bahan PVC yang di-emboss dengan motif monogram LV, tas berefek hologram ini jadi favorit para fashionista muda.

5. Harness Louis Vuitton Timothee Chalamet

Aktor Timothee Chalamet mengenakan harness Louis Vuitton saat hadir di Golden Globes 2019. Virgil Abloh mengkreasikan harness ini khusus untuk sang aktor dengan tambahan aksen glitter.

6. Koleksi IKEA 2017

IKEA menggandeng Virgil Abloh untuk menciptakan koleksi khusus dan terbatas yang diberi nama MARKERAD. Koleksi ini mengusung desain minimalis tanpa meninggalkan nilai artistiknya.

DNA rancangan Virgil Abloh yang simpel dan unik disuntikkan ke dalam produk-produk rumah tangga IKEA yang juga mengusung konsep serupa. Dari ide dan buah karyanya, lahirlah furnitur hingga perangkat rumah tangga kekinian tapi juga fungsional. Misalnya saja karpet bergambar struk pembelian IKEA, karpet hijau berbentuk rumput dengan tulisan 'WET GRASS' hingga kantong belanja bergaya hypebeast.

7. Jaket Kulit Off-White

Beyonce pernah mengenakan jaket kulit dengan tulisan 'WHITE' pada bagian belakang ini dan seketika jadi booming. Jaket ini pun menjadi salah satu produk ikonik Off-White. Virgil Abloh menciptakannya pada 2016.

Baca Juga: Kisah La Karambau Pahlawan Nasional dari Sultra

8. Sampul Album

Virgil Abloh merancang sampul album untuk sejumlah musisi rap ternama. Beberapa di antaranya Kanye WEst untuk album 'Watch The Throne and My Beautiful Dark Twisted Fantasy' dan A$AP Rocky untuk album 'Long.Live.A$AP'.

9. Bangku

Dilansir dari Kompas.com, desainer yang juga berprofesi sebagai DJ ini pernah berkolaborasi dengan brand aksesoris street wear, Chrome Hearts. Karyanya cukup nyeleneh dan agak mengejutkan yakni berupa bangku yang terbuat dari kayu.

10. Seragam tenis

Penampilan Serena William sukses memukau dunia ketika mengikuti kejuaraan US Open pada 2018 lalu. Ia mengenakan pakaian tenis, kolaborasi Nike dan Virgil Abloh, termasuk bawahan berupa rok tutu. Koleksi ini termasuk dalam Queen Collection yang kemudian dirilis Nike dan laris manis di seluruh dunia. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga