Ini 10 Wajah Baru Anggota DPRD Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 03 Maret 2024
0 dilihat
Ini 10 Wajah Baru Anggota DPRD Muna Barat
Penandatanganan berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara partai politik dan calon anggota DPRD Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Rapat pleno KPU Muna Barat menghasilkan lima partai dengan suara terbanyak, dan 10 sepuluh wajah baru yang nantinya akan duduk di kursi parlemen "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 KPU Muna Barat telah ditetapkan Sabtu (2/3/2024) malam. Pleno menghasilkan lima partai dengan suara terbanyak, dan 10 sepuluh wajah baru yang nantinya akan duduk di kursi parlemen Muna Barat.

Ketua KPU Muna Barat, Tajudin mengatakan, berdasarkan hasil pleno terbuka oleh KPU, ada lima partai yang memperoleh suara terbanyak dari keseluruhan dapil yang ada di Muna Barat yakni PDIP dengan suara sebanyak 12.311, urutan kedua Golkar dengan 7.939 suara. Kemudian menyusul PKB 7.751 suara, partai NasDem 6.204 suara, serta Demokrat sebanyak 4.961 suara.

PPP berada di urutan keenam dengan perolehan suara sebanyak 2.985, Partai Gerindra urutan ketujuh 2. 756 suara, disusul PKS 1.895 dan PBB 1.621 suara.

Berdasarkan perolehan suara yang terkumpul oleh beberapa partai tersebut, caleg yang berhasil menempati kursi DPRD Muna Barat dari Dapil 1 sebanyak 6 kursi yaitu Agung Darma caleg Partai Demokrat dengan suara sebanyak 1.591, Wa Mina caleg PDIP peroleh suara sebanyak 1.155, caleg NasDem La Ode Sariba dengan suara sebanyak 1.135, caleg PPP Rahman 1.042 suara, caleg Golkar La Ode Aca 993 suara, dan caleg PKB Wenas dengan 581 suara.

Untuk Dapil 2, PDIP mendapatkan dua kursi yaitu La Ode Harlan Sadia dengan suara sebanyak 1.227, La Ode Rafiudin 1.105 suara, menyusul caleg Golkar Supu Alimin 1.182 suara, menyusul dari PKB La Ode Amin 1.086 suara, dari Demokrat Baitul Makmur 727 suara, NasDem La Insafu 716 suara dan PBB La Ode Ege 648 suara.

Baca Juga: DPRD Muna Barat Diprediksi Diisi Oleh Wajah Baru

Komposisi caleg untuk Dapil III yang akan mengisi 7 kursi di DPRD adalah dari NasDem Anton Saiye 1.448 suara, kemudian I Gede Anggadnyana dari PDIP 1.261 suara, kemudian dari PKB La Ode Burhanudin 1. 107 suara, serta Hasmiati dari PDIP dengan perolehan suara 1.069.

Kemudian dari Golkar La Swandi 1.074 suara, caleg Demokrat Ridwan dengan 860 suara dan terakhir dari Gerindra yaitu Nawaji 641 suara.

Berdasarkan perolehan suara keseluruhan dari tiga dapil, dipastikan PDIP memperoleh 5 kursi, Golkar 3 kursi, PKB 3 kursi, Demokrat 3 kursi, NasDem 3 kursi, PPP 1 kursi, Gerindra 1 kursi dan PBB 1 kursi.

Dari nama-nama caleg yang lolos, dipastikan ada 10 wajah baru yang nantinya akan duduk di kursi di DPRD Muna Barat yaitu Wa Mina, Wenas, La Ode Aca, La Ode Harlan Sadia, La Ode Ege, I Gede Anggadnyana, La Ode Burhanuddin, Hasmiati, La Swandi dan Ridwan.

Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara partai politik dan calon anggota DPRD Muna Barat Pemilu 2024 telah dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani 5 komisioner KPU Muna Barat dan masing-masing saksi partai politik yang hadir.

Pleno penetapan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 selanjutnya akan diplenokan di KPU Provinsi. Untuk di tingkat provinsi, pleno akan dilaksanakan mulai tanggal 6 Maret - 10 Maret 2024.

“Ini adalah penetapan perolehan suara sah partai dan suara sah caleg," ujarnya.

Baca Juga: DPRD Muna Barat Imbau Bawaslu Perketat Pengawasan Pemilu

Untuk itu, hasil penetapan pleno tingkat kabupaten tersebut, masing-masing saksi partai telah mengantongi hasil perolehan suara baik caleg maupun paslon presiden dan wakil presiden. Selain itu juga para saksi parpol memegang satu rangkap model D hasil yang sudah tertuang dalam berita acara.

Ketua Bawaslu Mubar, Awaluddin Usa mengatakan, berdasarkan pengawasan Bawaslu, tara cara pelaksanaan pleno berjalan dengan baik dan sesuai regulasi.

“Kami bisa memastikan bahwa tidak ada satu suara pun yang diperoleh oleh partai politik atau pun calon yang berkurang atau yang bergeser bahkan ditambah - tambahkan suaranya,” pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga