Ini 4 Cara Dengar Voice Note Diam-Diam di WhatsApp

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
Ini 4 Cara Dengar Voice Note Diam-Diam di WhatsApp
Banyak cara untuk dengarkan pesan suara WhatsApp tanpa diketahui oleh pengirim. Foto: Repro Grid.id

" Ada beberapa cara mendengarkan VN WhatsApp tanpa takut ketahuan dengan centang biru "

KENDARI, TELISIK.ID - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi instan yang memungkinkan seseorang untuk dapat berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain.

Selain dapat mengirim pesan melalui teks, WhatsApp juga memiliki fitur pesan suara (voice note) yang mana jika sudah didengarkan, ditandai dengan tanda centang biru (read receipt).

Namun, tanda terima baca WhatsApp juga bisa menjadi berkah sekaligus kutukan. Yakni adanya rasa tekanan bagi sang penerima pesan suara untuk segera membalasnya.

Pengguna memang bisa mematikan read receipt untuk pesan teks, walau begitu WhatsApp tidak mengizinkannya untuk jenis pesan suara.

Nah, untuk itu ada beberapa cara mendengarkan VN WhatsApp tanpa takut ketahuan dengan centang biru. Simak caranya di bawah ini dikutip dari beberapa sumber:

1. Mode pesawat

Pastikan kamu sudah mengunduh pesan suara alias VN WA sebelum mengaktifkan mode pesawat. Kamu bisa mendengarkan VN tanpa takut ketahuan setelahnya.

Baca Juga: Hari Ini Oppo A97 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi hingga Harganya

Sebab, mode pesawat memutus koneksi internet sehingga WhatsApp tidak dapat mengirim centang biru. Ini juga bisa dilakukan untuk membaca pesan WA tanpa harus takut ketahuan.

2. Forward pesan

Teruskan saja pesan suara tersebut ke orang yang kamu percaya, kemudian dengarkan VN yang sudah di-forward tersebut. Pengirim asli tidak akan tahu kamu sudah mendengarkan voice note WA itu.

3. Buka melalui File Manager

Cara ketiga untuk mendengar pesan suara di WhatsApp tanpa diketahui atau secara diam-diam adalah melalui aplikasi pengelola file atau file manager di ponsel Anda.

Pertama, buka aplikasi pengelola file "File Manager". Kemudian, cari folder WhatsApp > Media > WhatsApp Voice Notes.

Pada folder ini, Anda dapat mencari pesan suara yang diinginkan. Untuk mempermudah pencarian, Anda dapat mengurutkan pesan suara sesuai kategori waktu.

Voice note akan tersimpan dakam format AAC. Untuk bisa mendengarkan file tersebut, Anda membutuhkan aplikasi tambahan, misalnya seperti aplikasi VLC yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Baca Juga: Catat, Ini 9 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Gratis

Perlu diperhatikan bahwa nama aplikasi pengelola file tersebut dapat berbeda pada tiap-tiap ponsel. Pada tutorial kali ini KompasTekno menggunakan ponsel Xiaomi Mi 10.

4. Ekspor chat ke Google Drive

Cara lainnya yang kamu dapat coba adalah melakukan ekspor obrolan atau chat ke Google Drive. Caranya, buka tab chat baik dari individu maupun grup, lalu tekan titik tiga di atas layar, pilih More.

Selanjutnya, pilih Export chat dan tekan Include Media. Semua isi chat, termasuk pesan suara akan diekspor ke penyimpanan Google Drive. Kamu bisa cari pesan suara yang ingin didengar di file yang telah diekspor itu. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga