Ini 5 Kunci Timnas Indonesia U-16 Sukses Bungkam Singapura 9-0

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 Agustus 2022
0 dilihat
Ini 5 Kunci Timnas Indonesia U-16 Sukses Bungkam Singapura 9-0
Skuad Timnas Indonesia U-16 saat merayakan kemenangan melawan Singapura. Foto: Dok. PSSI

" Sebelum pertandingan, Timnas Indonesia U-16 sudah diunggulkan oleh banyak pihak. Sebab, secara kualitas individu, para pemain Garuda Asia ada di atas sang lawan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Singapura pada matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2022, tidak terjadi begitu saja. Namun melalui usaha para pemain dan berbagai strategi dari sang pelatih.

Atas kemenangan yang diraih Garuda Muda di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022) malam WIB ini membuat mereka naik ke puncak klasemen sementara Grup A dengan mengoleksi enam poin dari dua laga.

Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, meminta kepada anak-anak asuhnya untuk segera melupakan kemenangan telak atas Singapura dan mengalihkan fokus ke Vietnam.

Menurut Bima Sakti, kemenangan telak itu sudah selesai.

Kini para pemain timnas U-16 Indonesia harus kembali bersiap untuk melawan Vietnam yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022). 

"Untuk laga melawan Vietnam, kami harus mempersiapkan lebih baik lagi," kata Bima Sakti, dikutip dari BolaSport.com.

Baca Juga: Bantai Singapura 9-0, Timnas Indonesia U-16 Tuai Pujian di Piala AFF U-16 2022

Melansir Okezone.com, berikut lima kunci sukses Timnas Indonesia U-16 kalahkan Singapura di Piala AFF U-16 2022:

1. Timnas Indonesia U-16 Menang Kualitas

Sebelum pertandingan, Timnas Indonesia U-16 sudah diunggulkan oleh banyak pihak. Sebab, secara kualitas individu, para pemain Garuda Asia ada di atas sang lawan.

Perbedaan kualitas itu terlihat dalam pertandingan. Kemenangan 9-0 pun menegaskan jarak kualitas antara pemain Garuda Asia dengan Singapura.

2. Timnas Indonesia U-16 Dominasi Lini Tengah

Timnas Indonesia U-16 mendominasi permainan selama 90 menit. Itu berkat kinerja apik dari para gelandang Timnas Indonesia U-16 yang mampu menguasai lini tengah.

Setiap serangan Timnas Indonesia U-16 mengalir lancar ke pertahanan Singapura. Saat bertahan, para gelandang Timnas Indonesia U-16 pun mampu menyaring upaya Singapura sehingga gawang Andrika jarang menerima ancaman.

3. Timnas Indonesia U-16 Manfaatkan Sisi Kiri Pertahanan Singapura

Sisi kiri pertahanan Singapura jadi makanan empuk untuk Timnas Indonesia U-16. Garuda Asia kerap menekan sisi kiri pertahanan Singapura saat membangun serangan. Beberapa peluang emas pun didapatkan Timnas Indonesia U-16 melalui sisi kiri pertahanan Singapura.

4. Timnas Indonesia U-16 Maksimalkan Postur Kecil Kiper Singapura

Kiper Singapura, Efan Qiszman bin Azman, tidak terlalu tinggi. Postur kecil kiper Singapura pun dimaksimalkan dengan baik oleh Timnas Indonesia U-16.

Gol-gol Timnas Indonesia U-16 hadir melalui sepakan yang sulit dijangkau oleh kiper Singapura. Para pemain Garuda Asia cukup jeli untuk memaksimalkan postur kecil kiper Singapura.

Baca Juga: Malam Ini Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF U-16 2022

5. Strategi Bima Sakti Berjalan Lancar

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memakai formasi 5-3-2 dalam pertandingan kontra Singapura. Formasi ini membuat Timnas Indonesia U-16 bisa menyerang melalui sisi lapangan ataupun lini tengah.

Selain itu, formasi 5-3-2 membuat Timnas Indonesia U-16 menang jumlah pemain (tiga gelandang dan dua bek sayap) di lini tengah sehingga bisa mendominasi permainan selama 90 menit.

Saat bertahan, Timnas Indonesia U-16 pun sulit ditembus karena ada lima bek yang siap menggagalkan upaya Singapura.

Hasilnya, gol demi gol pun tercipta untuk Timnas Indonesia U-16. Kemenangan besar memang diraih, tetapi Garuda Asia tidak boleh berpuas diri. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga