adplus-dvertising

Ini 5 Manfaat Menjalin Silaturahim

Haidir Muhari, telisik indonesia
Minggu, 09 Mei 2021
1770 dilihat
Ini 5 Manfaat Menjalin Silaturahim
Potret silaturahim. Foto: Repro Tempo.co

" Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahim. "

KENDARI, TELISIK.ID - Silaturahim menjadi budaya di Indonesia, saat hari-hari biasa, terlebih hari-hari penting, misalnya Idulfitri, natal, atau juga lainnya.

Ada dua penulisan yang sering digunakan untuk ini, yaitu Silaturahim dan Silaturahmi. Meskipun KBBI menggunakan istilah Silaturahmi, beberapa organisasi masyarakat Islam, memilih menggunakan Silaturahim.

Menurut kitab Qamus al-Muhith, Juz II, dilansir dari Republika.co.id, istilah yang benar adalah silaturahim, bukan silaturahmi.


Silaturahim, dilansir dari Kumparan.com, berasal dari dua kata. Sillah (hubungan) dan rahim (kasih sayang). Sehingga silaturahim bisa diartikan sebagai hubungan kasih sayang karena kekeluargaan.

Sementara itu rahmi berarti penyakit yang diambil dari rahim seorang perempuan sehingga perempuan itu tidak lagi bisa hamil. Sehingga silaturahmi akan berarti hubungan atau menghubungkan penyakit yang diambil dari rahim seorang ibu.

Bagi masyarakat Indonesia silaturahim mengalami perluasan makna. Tidak lagi sebatas yang terdapat hubungan kekeluargaan, bahkan juga persahabatan.

Silaturahim tidak hanya bermanfaat untuk mempererat hubungan persaudaraan dan persahabatan. Melainkan juga merupakan anjuran agama yang bernilai pahala dan mendapat ganjaran baik lainnya.

Baca juga: Kiat-Kiat Agar Salat Khusyuk

Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

"Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan dengan)mu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu." (HR. Ahmad)

Berikut lima manfaat silaturahim, dilansir dari Indozone.id:

1. Kelapangan Rezeki

Manfaat silaturahim adalah dapat melapangkan rezeki. Seperti sedekah, silaturahmi juga akan memperluas rezeki.

Dengan memperbanyak silaturahim,  maka rezeki akan makin berlimpah bahkan dari arah yang tak disangka-sangka. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW:

"Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahim." (HR. Al-Bukhari)

2. Berkah Umur Panjang

Bagi yang kerap melakukan silaturahim, manfaat yang akan didapatkan adalah dikaruniai umur panjang. Hal ini seperti termaktub dalam hadis yang diriwayatkan dari Imam Al-Bukhari di atas.

Baca juga: 7 Profesi Perempuan di Awal Islam

3. Amalan Ahli Surga

Keutamaan silaturahim selanjutnya akan dimasukkan dalam surga. Bagi yang tidak menyambung silaturahim, maka surga akan makin jauh dari jangkauannya. Sebagaimana sabda Nabi SAW:

"Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan (silaturahim)." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain, bagi siapa yang menjalankan amalan baik, salah satunya silaturahim maka akan memasuki surga dengan selamat.

"Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, salatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah)

4. Anugerah Rahmat

Menjalin silaturahmi bermanfaat sebagai sarana untuk memperoleh rahmat Allah SWT. Silaturahim adalah perintah langsung dari Allah SWT kepada para hamba-Nya.

Dalam sebuah hadis qudsi yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud berikut ini.

"Allah berfirman, "Aku adalah Maha Pengasih dan ia adalah Rahim, nama itu diambil dari bagian nama-Ku, siapa yang menyambungnya, maka Aku memberikan rahmat-Ku kepadanya, dan siapa yang memutuskannya, maka Aku memutuskan rahmat-Ku darinya." (HR. Abu Dawud)

Baca juga: 5 Ciri Pemuda Ideal dalam Islam

5. Jadi Makhluk Mulia

Silaturahim adalah perintah Allah SWT. Sehingga bagi yang melaksanakannya akan mendapat pujian dari-Nya.

Sehingga, mereka yang bersilaturahmi akan menjadi makhluk mulia. Rasulullah SAW telah bersabda seperti pada hadis berikut ini:

"Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayamu, sambung silaturahim orang yang memutuskanmu, dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu." (HR. Imam Ali)

Sebaliknya, bagi yang memutuskan tali silaturahim, maka akan mendapatkan murka Allah SWT. Hal ini seperti termaktub dalam QS. Muhammad: 22-23.

"Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan membuat kerusakan di bumi, dan memutuskan hubungan  kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah, lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dan dibutakan penglihatannya."

Itulah beberapa manfaat silaturahim. Olehnya itu, mari senantiasa kita amalkan. Semoga Allah SWT merahmati kita semua. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga