Ini 5 Negara dengan Masjid Paling Banyak, Bukan Arab Saudi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 11 September 2023
0 dilihat
Ini 5 Negara dengan Masjid Paling Banyak, Bukan Arab Saudi
Masjid Al-Azhar menjadi salah satu masjid tertua di Mesir. Didirikan pada tahun 970 Masehi oleh khalifah Fatimiyah Al-Muizz, Masjid ini dibangun untuk tujuan ibadah dan pembelajaran. Foto: Idntimes

" Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia berdasarkan jumlah pemeluknya. Pemeluk agama Islam di seluruh dunia berkisar 1,91 miliar orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia berdasarkan jumlah pemeluknya. Pemeluk agama Islam di seluruh dunia berkisar 1,91 miliar orang.

Bagi penganut agama Islam, masjid merupakan tempat yang sakral. Karena di situlah mereka beribadah, belajar, bersedekah, dan juga bertukar pikiran satu sama lain.

Kali ini Telisik.id akan membahas 7 negara dengan masjid terbanyak dilansir dari berbagai sumber:

1. Indonesia

Melansir World Population Review, Indonesia ada di urutan pertama negara dengan masjid terbanyak. Berdasarkan data yang dihimpun TRT World, Indonesia memiliki sekitar 800 ribu masjid yang terbagi di berbagai provinsi di Indonesia. Lima provinsi dengan masjid terbanyak yaitu Jawa Barat sebanyak 58.979 masjid, Jawa Tengah dengan 50.549 masjid, Jawa Timur dengan 48.947 masjid, Sulawesi Selatan dengan 14.313 masjid, dan Lampung dengan 12.000 masjid. 

Baca Juga: Deretan Fakta Subvarian Pirola, Virus Baru Ditemukan di Inggris

Selain memiliki masjid terbanyak, ternyata Indonesia juga termasuk negara Islam terbesar di dunia dengan sekitar 237 juta penduduk berdasarkan RISSC (The Royal Islamic Strategic Studies Centre). Sementara itu, Indonesia juga memiliki 86,7% penduduk Muslim dari total populasinya. 

2. India

Di urutan kedua ada negara yang terletak di Asia Selatan yaitu India. Meskipun mayoritas agama di negara ini adalah Hindu, akan tetapi masjid yang dibangun di India merupakan terbanyak kedua di dunia. Memangnya ada berapa banyak masjid di India sih? Menurut TRT World, India memiliki sekitar 300 ribu masjid yang tersebar di seluruh kotanya.

Meskipun jumlah masjidnya terbilang sangat banyak, namun ternyata India berada di urutan ketiga dalam daftar negara dengan penduduk Muslim terbesar, yaitu di angka 200 juta penduduk. Sehingga bisa Anda bayangkan jika semua penduduk Muslim di India pergi ke masjid? Pasti berdesak-desakan ya! Sementara itu, penduduk Muslim di India hanya sekitar 14,23% saja dari total populasi. Maka bisakah Anda bisa membayangkan berapa banyak populasi di India?

3. Bangladesh

Selanjutnya ada Bangladesh, negara yang terkenal dengan industri garmennya. Negara ini memiliki sekitar 250 ribu masjid yang menjadi tempat beribadah penduduk Muslim. Menariknya lagi, ternyata mayoritas agama penduduk Bangladesh adalah Muslim. Memangnya ada berapa yang memeluk Islam?

Dilansir dari Intisari.grid.id, ternyata Bangladesh memiliki sekitar 153 juta penduduk yang memeluk agama Islam. Data juga menunjukkan bahwa 90,4 penduduk Bangladesh beragama Islam, sedangkan sisanya menganut agama Hindu, Buddha, Kristen, dan lain-lain.

4. Pakistan

Negara dengan masjid terbanyak urutan keempat adalah Pakistan. Negara yang berlokasi di Asia Selatan ini memiliki sekitar 120 ribu masjid dengan arsitektur yang sangat indah. Salah satunya adalah Masjid Faisal yang sudah berdiri sejak tahun 1987 di Islamabad. Negara yang pernah berperang dengan India ini juga memiliki populasi penduduk Muslim terbesar kedua di dunia yaitu sekitar 212 juta penduduk.

Baca Juga: Rumor Tentang Seks di Toilet Pesawat Benar Terjadi? Begini Kesaksian Mantan Pramugari

Menariknya, mayoritas penduduk Pakistan juga beragama Islam dengan persentase 97?ri populasi total. Sedangkan sisanya memeluk agama lain yaitu Kristen, Hindu, Buddha, Jainisme, Zoroastrianisme, dan Baha’i. Maka berapa sih total populasi penduduk Pakistan? Dilansir dari Biro Sensus Amerika Serikat, populasinya mencapai sekitar 219 juta penduduk.

5. Mesir

Di urutan kelima adalah negara yang berada di bawah Kontingen Afrika Utara yaitu Mesir. Negara Mesir memiliki sekitar 108 ribu masjid yang sangat indah. Mesir juga menjadi negara yang memiliki populasi umat Muslim terbesar keenam di dunia yaitu sekitar 90 juta penduduk. Diketahui 90?ri populasi Mesir menganut Islam dan 10% sisanya menganut agama Kristen. Sedangkan total populasi Mesir sekitar 100 juta penduduk. 

Menariknya, Mesir merupakan salah satu negara tertua di dunia dengan usia lebih dari 5000 tahun. Selama 3000 tahun, Mesir dipimpin oleh 140 Firaun dari 30 dinasti yang dikenal dengan nama Mesir Kuno. 

Akan tetapi era Mesir Kuno runtuh dan dikuasai oleh suku dari luar Mesir yaitu Suku Romawi, Arab, dan Turki. Era ini kemudian disebut sebagai Federasi Republik Arab Mesir. Selain itu, Mesir juga negara pertama di dunia yang mengakui kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga