adplus-dvertising

Ini 7 Spot Diving Recommended di Pulau Tomia, Wakatobi

Nina Nurrahmah, telisik indonesia
Kamis, 15 Juli 2021
2551 dilihat
Ini 7 Spot Diving Recommended di Pulau Tomia, Wakatobi
Ali Reef Dive Site. Foto: Ist.

" Diving di Pulau Tomia membuat pikiran jauh lebih tenang. Warna warni spesies di dalamnya membuat hati nyaman dan mata segar "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, merupakan surganya para pecinta diving. Taman bawah lautnya paling diminati wisatawan asing terutama para divers kelas dunia.

Diving di Pulau Tomia membuat pikiran jauh lebih tenang. Warna warni spesies di dalamnya membuat hati nyaman dan mata segar.

Nah, bila ingin diving di Pulau Tomia Kabupaten Wakatobi, berikut ada beberapa spot yang perlu dicoba.


1. Mari Mabuk Dive Site dan Roma

Mari Mabuk Dive Spot. Foto: Ist.

 

Mari Mabuk dan Roma adalah salah satu spot diving yang terbaik di Wakatobi. Keduanya berada di satu spot yang sama namun berbeda titik penyelamannya.

“Seperti namanya Mari Mabuk dapat memabukkan para divers karena banyaknya ikan yang akan dijumpai seperti schooling yellow dan chevron barracuda, schooling batfis, schooling black snaper, dan damsel," ujar Mr. Partikel Pekat, Rabu (14/7/2021) yang merupakan local guide asal Pulau Tomia.

Roma Dive Spot. Foto: Ist.

 

“Spot ini sangat cocok untuk divers pemula karena pada kedalaman 5-10 meter sudah bisa menemukan terumbu karang yang bagus dan padat. Kalau beruntung, kita bisa bertemu dengan penyu juga," kata divers pemula asal Pulau Tomia, Eka Triani Tandiono (26), Selasa (13/07/2021).

2. Ali Reef Dive Site

Ali Reef Dive Site. Foto: Ist.

 

“Untuk dive site kedua di Pulau Tomia yang recommended, salah satunya adalah Ali Reef dengan Schooling Jack Fish-nya atau gumpalan hitam besar di laut yang merupakan kumpulan ikan jack,” ujar Dive Master Local, Adie Vasadhine (27).

Mr. Partikel Pekat mengatakan, penyelam yang akan menyelam di Ali Reef disarankan adalah advance diver atau yang punya pengalaman atau long dive pada daerah berarus. Sebab biasanya schooling jack fish-nya bermain pada puncak arus.

Dia menambahkan, selain berjumpa dengan jack fish, Anda juga bisa menjumpai mantis shrimp, leaf fish, octopus dan terkadang hiu sirip hitam di sini.

“Penyelam yang ke Wakatobi dan belum menyelam di Ali Reef, belum sebenar-benarnya datang ke Wakatobi,” kata Local Guide asal Pulau Tomia ini.

Baca Juga: Tak Perlu ke Paris, Wakatobi Punya Replika Menara Eiffel dari Bambu

3. Hondue Beach Dive Spot

Hondue Beach Dive Spot. Foto: Ist.

 

Spot dive ini adalah wall dive dengan kedalaman mencapai 23 meter. Pada kedalaman 10-15 meter orange coral sangat mendominasi.

“Sepanjang spot dive hondue beach akan banyak dijumpai overhang atau semacam gua-gua/ lubang berukuran kecil,” jelas Mr. Partikel Pekat.

Selain itu titik penyelaman ini juga merupakan tempat yang cocok untuk mencari hewan-hewan laut berukuran kecil antara lain skeleton shrimp, mantis, nudibranch, hairy squat lobster, spider crab, ribbon eel, dan lain-lainnya.

4. Fan 38 Dive Spot

Fan 38 Dive Spot. Foto: Ist

 

Spot dive Fan 38 merupakan tempat penyelaman kelas dunia. Spot dive yang satu ini berbentuk topografi berupa lereng serta dinding jatuh dengan kedalaman 3-60 meter.

Spot ini sangat cocok untuk para pecinta snorkeling. Keragaman coral reef pada site ini dijamin tidak akan menjemukan para penyelam.

Gorgonian atau karang kipas berukuran raksasa cukup mudah dilihat begitu pula dengan barrel sponge.

5. Channel Dive Spot

Channel Dive Spot. Foto: Ist

 

Dive spot Channel merupakan satu spot yang berarus di Tomia namun menawarkan jumlah ikan yang banyak semisal schooling unicorn fish yang akan menemani para penyelam.

Di titik penyelaman ini sangat cocok untuk mencari ikan hiu dan ikan napoleon yang berukuran raksasa.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Tempat Wisata Hits, Cocok untuk Foto Prewedding di Pulau Tomia Wakatobi

6. Pintu Timur

Sama seperti Channel, spot penyelaman Pintu Timur adalah berarus kuat namun menawarkan jumlah ikan yang cukup banyak.

Spot ini menjadi tantangan bagi penyelam yang suka mencari ikan hiu di kedalaman 25-30 meter dengan berlindung di dekat dinding karang dari arus yang kuat.

Hamparan karang-karang meja dapat ditemukan di kedalaman 5 hingga 7 meter.

7. The Blade Dive Spot

The Blade Dive Spot. Foto: Ist

 

Ini merupakan spot penyelaman yang terkenal di Wakatobi. Blade adalah pinnacle yang cukup unik menyerupai puncak-puncak gunung yang membelah lautan dimana kedua sisinya adalah drop off.

Soft Coral yang sehat serta terdapat sponge berukuran besar dan sea fan tumbuh di site tersebut.

“Diving di Blade akan sangat baik untuk kegiatan fotografi,” tutup Mr. Partikel Pekat.

Nah, itulah 7 spot diving recommended di Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi.

Buat Anda yang sedang merencanakan liburan ke Pulau Tomia Kabupaten Wakatobi, wajib mencoba diving di 7 spot tersebut. (A)

Reporter: Nina Nurrahmah

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga