adplus-dvertising

Ini 8 Pemain Tua-Tua Keladi yang Berlaga di Euro 2020

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 11 Juni 2021
1170 dilihat
Ini 8 Pemain Tua-Tua Keladi yang Berlaga di Euro 2020
Mega bintang portugal, Cristiano Ronaldo dibekuk rekan timnya. Foto: Repro google.com

" Ronaldo bakal jadi andalan di lini depan. Pengalaman dan karakter Ronaldo bakal berguna untuk memaksimalkan potensi bintang muda macam Bruno Fernandes dan Bernardo Silva "

KENDARI, TELISIK.ID - Euro 2020 (Euro 2021) telah bergulir. Ajang sepakbola kali ini, berisikan sejumlah bintang yang sudah berusia lanjut.

Laga Euro 2020 (Euro 2021) tak hanya jadi ajang untuk unjuk kemampuan para bintang-bintang muda. Turnamen ini juga bisa jadi panggung Piala Eropa terakhir bagi sejumlah pemain veteran.

Sejumlah pemain veteran tidak hanya jadi pelengkap tim, namun mereka bahkan masih dianggap jadi pemimpin dan motor permainan tim.


Dilansir Cnnindonesia.com, berikut delapan pemain tua-tua keladi alias 'makin tua makin jadi' yang bakal berlaga di Euro 2020:

1. Cristiano Ronaldo (Portugal)

Cristiano Ronaldo sudah 36 tahun, namun namanya masih harum di jajaran papan atas pemain elite dunia. Meski sudah berumur, ketajaman Ronaldo belum menurun drastis.

Ronaldo masih mampu jadi pencetak gol terbanyak di Liga Italia bersama Juventus yang terkenal dengan pertahanan ketat.

Ronaldo bakal jadi andalan di lini depan. Pengalaman dan karakter Ronaldo bakal berguna untuk memaksimalkan potensi bintang muda macam Bruno Fernandes dan Bernardo Silva.

2. Goran Pandev (Makedonia Utara)

Goran Pandev berhasil mendapatkan pencapaian terbesar bersama Makedonia Utara dengan membawa negara tersebut lolos ke putaran final Euro 2020 (Euro 2021).

Pandev bakal menjabat sebagai kapten Makedonia Utara diusia 37 tahun. Pandev punya pengalaman lebih dari satu dekade di Liga Italia. Jam terbang tinggi itu yang bakal dimaksimalkan Pandev untuk memompa semangat rekan-rekannya untuk berjuang habis-habisan di tiga laga babak penyisihan.

Baca Juga: Argentina Ditahan Imbang Colombia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Messi Tak Berbuat Banyak

3. Maarten Stekelenburg (Belanda)

Maarten Stekelenburg kembali masuk timnas Belanda di usia 38 tahun. Stekelenburg sudah membela tim Oranye sejak 2004 dan jadi bagian penting dari Belanda saat masuk ke final Piala Dunia 2010.

Setelah terus jadi penjaga gawang nomor satu hingga 2012, Stekelenburg sempat absen dari timnas Belanda selama empat tahun hingga kembali mendapat panggilan di 2016.

Stekelenburg kemudian kembali absen panjang sejak 2016 sebelum akhirnya kembali mendapat panggilan dan masuk skuad Euro 2020 (Euro 2021).

Pada duel uji coba lawan Georgia, Stekelenburg mendapat kepercayaan bermain dan mencatat clean sheet dalam kemenangan 3-0 di akhir pertandingan.

4. Luka Modric (Kroasia)

Luka Modric adalah bintang paling terang di skuad Kroasia dalam satu dekade terakhir. Modric punya karier mengilap bersama Real Madrid dan sukses meraih banyak gelar.

Dilansir libero.id, di level tim nasional, Modric dan kawan-kawan mampu mengantar Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018 sebelum akhirnya harus puas jadi runner up.

Baca Juga: Barcelona, Madrid dan Juventus Resmi Dicoret dari Liga Champions, Ada Apa?

Tiga tahun berselang dari momen manis tersebut, Modric yang sudah berusia 35 tahun masih memimpin bintang-bintang Kroasia lainnya macam Ivan Perisic, Marcelo Vrozovic, hingga Mateo Kovacic untuk mencari gelar bagi Kroasia.

5. Manuel Neuer (Jerman)

Manuel Neuer masih tidak tergoyahkan sebagai kiper utama Jerman. Membela Der Panzer sejak 2009, Neuer masih jadi kepercayaan di posisi penjaga gawang hingga 12 tahun berselang dan telah menorehkan 100 penampilan bersama tim nasional.

Pengalaman Neuer memimpin lini belakang bakal berguna bagi Jerman yang berusaha bangkit dari keterpurukan di Piala Dunia 2018 saat mereka terhenti di babak penyisihan grup.

Jerman merupakan salah satu tim favorit untuk juara Euro 2020 (Euro 2021). Namun mereka sudah harus berjuang keras sejak babak penyisihan karena satu grup dengan Prancis, Portugal, dan Hungaria.

6. Yuri Zhirkov (Rusia)

Yuri Zhirkov masih ada di barisan skuad Rusia untuk Euro 2020 (Euro 2021). Zhirkov yang saat ini berusia 37 tahun adalah sosok pemain yang juga tergabung dalam skuad Rusia untuk Piala Eropa 2008.

Saat itu Rusia secara mengejutka menaklukkan Belanda yang tampil gemilang di babak perempat final Piala Eropa 2008. Zhirkov juga masuk team of the tournament pada Euro 2008.

Zhirkov punya banyak pengalaman sebagai pemain termasuk jadi bagian dari Chelsea yang memenangkan Liga Inggris 2009/2010.

Baca Juga: Indonesia Dipermalukan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Netizen: Tidak Ada Kemajuan

7. Giorgio Chiellini (Italia)

Giorgio Chiellini bakal 37 tahun pada Agustus mendatang. Namun Chiellini masih dipercaya oleh Roberto Mancini untuk masuk skuad Gli Azzurri.

Kehadiran Chiellini diyakini bakal memberikan rasa aman di lini belakang Italia yang dikomandoi oleh penjaga gawang Gianluigi Donnarumma.

Duet Chiellini dengan rekan setimnya di Juventus, Leonardo Bonucci, adalah harapan Italia menampilkan lini belakang solid sekaligus penyangga pemain-pemain muda di lini serang macam Federico Chiesa.

8. Pepe (Portugal)

Pepe adalah pemain tertua di turnamen ini, usianya 38. Dan di negaranya Pepe merupakan pemain dengan caps terbanyak ketiga, 114 caps. Terlepas dari usianya, Pepe masih tampil luar biasa, buktinya ia membuat 40 penampilan di semua kompetisi untuk Porto pada musim 2020/2021 yang baru saja berakhir.

Dia akan bersama Ruben Dias dari Manchester City untuk mengawal jantung pertahanan Portugal. Lewat pengalaman dan ketangguhan Pepe, para penggemar berharap itulah resep sempurna untuk mempertahankan mahkota Euro bagi Portugal. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga