Ini Alasan Internet Indonesia Lelet Dibanding Negara Lain

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Ini Alasan Internet Indonesia Lelet Dibanding Negara Lain
Salah satu faktor leletnya internet di Indonesia adalah infrastruktur meliputi tiang pemancar, kabel serat optik, kabel telepon, dan lain sebagainya, tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Foto: Repro Idntimes.com

" Indonesia berada di urutan ke-92 dari semua negara yang memiliki koneksi internet cepat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Internet menjadi hal yang penting untuk kehidupan umat manusia. Semua sumber informasi dan aktivitas saat ini sekitar 80 persen dilakukan secara online dengan perantara internet.

Berdasarkan penelitian Website Tool Tester, Indonesia berada di urutan ke-92 dari semua negara yang memiliki koneksi internet cepat. Kecepatan internet di sejumlah kota juga memiliki ketimpangan satu sama lain. Kota-kota besar cenderung memiliki kecepatan lebih cepat, sebaliknya dengan daerah 3T seperti dilansir dari Liputan6.com

Lantas, apa sih yang membuat kecepatan internet di Indonesia termasuk lambat dibandingkan negara-negara ASEAN seperti Singapura, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa faktor penyebab leletnya jaringan di Indonesia, yaitu:

1. Internet sangat bergantung pada infrastruktur

Mengutip Idntimes.com, sebelum menyelam lebih dalam pada topik ini, perlu diketahui bahwa koneksi internet ada karena infrastruktur. Hal ini meliputi tiang pemancar, kabel serat optik, kabel telepon, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Ini Alasan MK Tolak Perkawinan Beda Agama

Panjang kabel yang dibutuhkan tidak main-main, bisa mencapai puluhan ribu kilometer. Salah satu proyek infrastruktur internet terbesar di Indonesia adalah Palapa Ring. Kabel serat optik yang dipakai mencapai 36 ribu kilometer untuk menjangkau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

2. Daya beli rendah

Dengan daya beli paket data yang rendah, sejumlah operator pun mendapatkan tantangan untuk mengembangkan jaringan dengan harga yang terjangkau. Padahal, mayoritas masyarakat di Indonesia lebih memilih jaringan seluler karena harga yang jauh lebih terjangkau.

Baca Juga: Seluruh Hakim MK Dipolisikan Atas Dugaan Pemalsuan Surat

Untuk memenuhi permintaan pasar, operator telekomunikasi berusaha menyediakan akses internet standar dengan harga terjangkau dengan menawarkan paket data yang lebih mahal akan sulit untuk memenuhi harapan pasar.

3. Faktor geografis

Satu faktor yang berperan besar terhadap sulitnya pembangunan infrastruktur adalah kondisi geografis. Tak seperti negara lain, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai rintangan geografis. Contohnya gunung, laut, sungai, dan lain sebagainya. 

Terlebih lagi, masih banyak wilayah pedalaman yang sulit diakses karena belum ada jalan yang layak. Jadi bisa dibilang, faktor geografis adalah tantangan terbesar untuk membangun infrastruktur telekomunikasi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga