Ini Alasan Kendari Masuk 10 Kota dengan Inflasi Tertinggi di Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 07 Desember 2022
0 dilihat
Ini Alasan Kendari Masuk 10 Kota dengan Inflasi Tertinggi di Indonesia
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, Kota Kendari masuk ke dalam 10 kota dengan tingkat inflasi tertinggi, yaitu berada di angka 6,85 persen. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Presiden Joko Widodo menyampaikan tingkat inflasi hingga akhir November 2022 mencapai 5,4 persen "

KENDARI, TELISIK.ID - Tingkat inflasi di Indonesia akhir-akhir ini mengalami lonjakan yang ekstrem sejak kenaikan BBM. Presiden Joko Widodo menyampaikan tingkat inflasi hingga akhir November 2022 mencapai 5,4 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat inflasi di Sulawesi Tenggara bahkan sedikit melangkahi laju inflasi nasional, yaitu berada di angka 6,84 persen. Angka ini dihitung melalui Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan dua kota yaitu Kendari dan Baubau sebagai kota patokan IHK di Sulawesi Tenggara.

Kepala BPS Sulawesi Tenggara, Agnes Widi Astuti mengatakan, inflasi tertinggi di Sulawesi Tenggara dipegang oleh Kota Kendari yang angkanya mencapai 6,85 persen. Angka ini juga menjadikan Kota Kendari masuk dalam 10 kota dengan inflasi tertinggi di Indonesia.

Jajaran kota dengan inflasi tertinggi lainnya meliputi Tanjung Selor yang punya inflasi tertinggi 9,20 persen, Kotabaru 8,69 persen, Serang 7,56 persen, Palangka Raya 7,33 persen, Kupang 7,30 persen, Parepare 7,11 persen, Banjarmasin 7,07 persen, Bukittinggi 7,01 persen, Padang dan Luwuk yang punya angka yang sama dengan Kendari sebesar 6,85 persen.

Baca Juga: Ini Fasilitas The Park Mall yang Siap Resmi 8 Desember

Agnes menambahkan, inflasi yang tinggi tersebut disumbang oleh komoditas trasportasi, perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga, makanan, minuman dan tembakau, pendidikan dan perawatan pribadi dan jasa lainnya.

Tempat sama, Pj Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio mengatakan, enam langkah kongkrit yang wajib dilaksanakan di setiap kabupaten/kota wilayahnya sebagai upaya menekan inflasi.

Baca Juga: UMK Kendari 2023 Diprediksi Naik 6 Persen

Langkah tersebut antara lain melaksanakan operasi pasar murah, sidak pasar secara berkala, bekerjasama dengan daerah lain, gerakan menanam, merealisasikan belanja tidak terduga dan mendukung subsidi transportasi dari APBD.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepo beralasan, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menjalankan ke enam langkah tersebut, namun hanya satu yang sampai saat ini belum terealisasi adalah subsidi transportasi udara.

Asmawa menjelaskan, penyumbang inflasi tertinggi saat ini dipegang oleh sektor transportasi udara karena mahalnya harga bahan bakar aftur, saat ini dirinya masih berupaya untuk berkoordinasi dengan maskapai yang menyediakan penerbangan dari dan menuju Kota Kendari untuk perealisasian subsidi tiket pesawat agar tingkat inflasi dapat sedikit lebih turun. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga