Ini Alasan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur Sangat Dianjurkan Dalam Islam

Irawati, telisik indonesia
Senin, 13 September 2021
0 dilihat
Ini Alasan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur Sangat Dianjurkan Dalam Islam
Sesungguhnya di dalam Al-Qur'an terdapat suatu surah berisikan tiga puluh ayat dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Surah Al-Mulk. Foto: Repro itjenkemenag.go.id

" Arbaah telah meriwayatkan hadis ini melalui Syubah dengan sanad yang sama. Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan "

KENDARI, TELISIK.ID - Surah Al-Mulk di dalam kitab suci Al-Qur'an memiliki sebuah arti Kerajaan. Surah ke-67 dalam Al-Qur'an juz ke-29 ini termasuk surah Makkiyyah dengan jumlah 30 ayat. Surah ini turun sesudah Surat Ath-Thur.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Muhammad dan Ibnu Jafar. Keduanya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Syubah, dari Qatadah, dari Abbas Al-Jusyami, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW, yang telah bersabda: “Inna suurotan fil quraani tsalatsiina aayatan syafa’at lishohibiha hatta ghufirolahu. Tabaarokalladzii biyadihil mulku”

Artinya: Sesungguhnya di dalam Al-Qur'an terdapat suatu surah berisikan tiga puluh ayat dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Surah Al-Mulk).

Arbaah telah meriwayatkan hadis ini melalui Syubah dengan sanad yang sama. Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan.

Dilansir dari jateng.inews.id, dai muda KH. Bahauddin Nursalim mengatakan, dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan tentang keutamaan Surah Tabarok atau Al Mulk.

Riwayat yang sahih itu Surah Tabarok sebagai pelindung siksa kubur. Surah ini juga disebut Surah Waqiah yang menjaga dan Al-Munjiah yang menyelamatkan siksa,” kata dai yang akrab disapa Gus Baha ini dalam kajian tafsir Surah Al- Mulk.

Gus Baha menuturkan, dalam sebuah riwayat dari Anas ibnu Malik yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa sesungguhnya ada seorang lelaki dari kalangan umat sebelum kalian meninggal dunia, sedangkan tiada sesuatu pun dari Kitabullah yang dihafalnya selain dari Tabaraka.

Ketika lelaki itu diletakkan di dalam kuburnya, malaikat penanya datang. Maka surah Tabaraka menghalang-halanginya sehingga malaikat itu berkata.

"Sesungguhnya engkau adalah salah satu dari Kitabullah, dan aku tidak suka membuatmu tidak senang, tetapi aku tidak mempunyai kuasa bagimu, bagi dia dan juga bagi diriku terhadap suatu kemudaratan dan juga suatu kemanfaatan". Jika, engkau hendak membela orang ini, maka menghadaplah kepada Allah SWT dan mintalah syafaat dari-Nya buat dia.

Maka surah itu berangkat menuju ke hadirat Allah SWT lalu berkata memohon, "Ya Tuhanku, sesungguhnya si Fulan dengan sengaja memilihku di antara Kitab-Mu, lalu ia mempelajariku dan membacaku serta menghafalku".

Maka apakah Engkau akan membakarnya dengan api, sedangkan aku berada di dalam rongganya? Jika Engkau hendak mengazabnya, maka hapuskanlah terlebih dahulu aku dari Kitab-Mu." Allah berfirman, "Aku lihat engkau marah."

Surah itu menjawab, "Sudah seharusnya aku marah." Maka Allah berfirman, "Sekarang pergilah kamu, sesungguhnya Aku telah menyerahkannya kepadamu dan Aku memberi izin kepadamu untuk memberi syafaat buatnya".

Maka Surah itu kembali dan mengusir malaikat penanya, lalu lelaki itu bangkit dalam keadaan senang hati tanpa mengalami suatu siksaan pun dari malaikat tersebut.

“Jadi, malah dua malaikat mungkar dan nakir yang jadi tersangka. Mungkar dan Nakir yang malah diamuk Pangeran (Allah),” kata Gus Baha.

Lalu surah itu meletakkan mulutnya ke mulut lelaki itu dan berkata, "Selamat datang dengan mulut ini, barangkali mulut ini sering digunakan untuk membacaku dan selamat datang dengan dada ini, barangkali dada ini dipakai untuk memuatku dan selamat datang dengan kedua kaki ini, barangkali ia dipakai untuk berdiri membacaku".

Surah itu menghiburnya di dalam kuburnya karena merasa khawatir bila ia kesepian dan merasa takut. Ibnu Abbas, bahwa ia pernah berkata kepada seseorang, "Maukah aku hadiahkan kepadamu suatu hadis yang akan membuatmu gembira?" Lelaki itu menjawab, "Tentu saja mau."

Ibnu Abbas mengatakan, "Bacalah surah Al-Mulk dan ajarkanlah kepada keluargamu serta semua anakmu dan semua ahli baitmu yang masih anak-anak dan juga semua tetanggamu".

Karena sesungguhnya surah Al-Mulk ini adalah surah yang menyelamatkan dan yang mendebat atau membela pembacanya kelak di hari kiamat di hadapan Tuhannya, dan memohon kepada-Nya agar menyelamatkannya dari azab neraka dan juga menyelamatkan penghafalnya dari siksa kubur.

Baca Juga: Sabar dan Salat, Solusi Semua Masalah

Baca Juga: Berapa Jam Nabi Muhammad SAW Tidur Malam? Ini Penjelasannya

Dikutip dari Republika.co.id, berikut ini adalah empat keutamaan membaca surat Al-Mulk: 

1. Mencegah siksa kubur 

Mencegah siksa kubur dan dan penyelamat bagi mereka yang menghafal dan membacanya pada malam sebelum tidur. 

2. Dijauhkan dari api neraka

Surah ini akan datang pada hari kiamat dan menyampaikan siapa saja para pemilik surah tersebut. Sehingga, mereka akan masuk surga yang penuh kebahagiaan dan dijauhkan dari siksa api neraka.

3. Diganjar pahala berlipat

Dengan rajin membaca Surah Al-Mulk pada tiap malam, maka mendatangkan banyak perbuatan baik dan pahala bagi orang yang membacanya. Perbuatan baik ini kemudian dilipatgandakan hingga 10 kali dan Allah SWT melipatgandakan bagi siapapun yang Dia kehendaki.

4. Syafaat di Hari Kiamat

Surah Al-Mulk akan menjadi syafaat atau penolong yang memohon ampunan bagi orang yang rajin membacanya di hari kiamat kelak. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga