Ini Alasan Mengapa Allah SWT Merahasiakan Kiamat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 21 Oktober 2023
0 dilihat
Ini Alasan Mengapa Allah SWT Merahasiakan Kiamat
Hari kiamat pasti akan terjadi. Itu sudah janji Allah yang termaktub dalam Alquran. Namun, terkait waktu pasti terjadinya kiamat tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Foto: Merdeka.com

" Hari kiamat pasti akan terjadi. Itu sudah janji Allah yang termaktub dalam Alquran. Namun, terkait waktu pasti terjadinya kiamat tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari kiamat pasti akan terjadi. Itu sudah janji Allah yang termaktub dalam Alquran. Namun, terkait waktu pasti terjadinya kiamat tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT.

Bahkan, Rasulullah SAW pun tidak mengetahui waktu tepatnya kiamat. Mungkin banyak dari manusia bertanya, "Apa hikmah dirahasiakannya waktu kiamat?" Jawabannya adalah bahwa disembunyikannya waktu kiamat berkaitan dengan kemaslahatan jiwa manusia.

Dikutip dari Liputan6.com, kiamat adalah hal gaib dan perkara besar yang diyakini orang akan terjadi, tetapi ia tidak tahu kapan kiamat akan datang secara tiba-tiba. Hal ini membuat seseorang selalu waspada dan menantinya terus menerus.

Baca Juga: 5 Gaya Bercinta Ini Dilarang dalam Islam, Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Dalam beberapa ayat Alquran diterangkan bahwa waktu persis hari kiamat terjadi hanyalah Allah SWT yang tahu. Salah satu ayat yang menjelaskan tentang pengetahuan waktu terjadinya kiamat milik Allah SWT adalah surat al-A'raf ayat 187.

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?”Katakanlah, Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.

"Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Mengutip Islampos.com, seandainya segala sesuatu terbuka dan diketahui mereka, kegiatan mereka akan terhenti, dan kehidupan mereka akan hambar. Di balik yang majhul, manusia berjalan, lalu mereka berhati-hati, berharap, mencoba dan belajar.

Baca Juga: Musim Kemarau Berkepanjangan Menurut Al-Quran dan Doa saat Cuaca Panas

Manusia menyingkap dari potensi diri dan potensi alam sekitar yang tersembunyi, dan menggantungkan hati dan perasaan mereka pada kiamat yang tak diketahui. Waktu yang telah dijanjikan (kiamat) melindungi mereka dari kekacauan konsentrasi, sebab mereka tak mengetahui kapan kiamat terjadi.

Hikmah tidak diberi tahu waktu datangnya kiamat adalah agar setiap muslim senantiasa terus berupaya menjalankan kewajibannya sebagai bekal persiapan di hari akhir dan akhirat nanti.

Andai waktu rinci kiamat diberi tahu, manusia bisa saja menunda untuk beramal saleh kemudian akan semakin rajin ketika kiamat sudah dekat. Beruntung Allah SWT merahasiakan waktu persisnya kiamat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga