adplus-dvertising

Ini Alasan Presiden Tunjuk Komjen Paulus Jadi Deputi BNPP

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Jumat, 22 Oktober 2021
1176 dilihat
Ini Alasan Presiden Tunjuk Komjen Paulus Jadi Deputi BNPP
Mendagri, Tito Karnavian. Foto: Repro beritasatu.com

" Menurut Tito, mantan Kapolda Papua itu dipercaya membangun perbatasan negara dengan mengembangkan potensi di kecamatan perbatasan. "

JAKARTA,TELISIK.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengungkap alasan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Paulus Waterpauw sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan (BNPP) Kemendagri.

Tito mengungkap, ada alasan khusus dalam pelantikan Paulus melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 147/TPA Tahun 2021.

Menurut Tito, mantan Kapolda Papua itu dipercaya membangun perbatasan negara dengan mengembangkan potensi di kecamatan perbatasan.


"Jadi bukan hanya di Papua, yang merupakan salah satu daerah yang banyak perbatasannya baik darat maupun laut, tapi beliau juga pernah di Sumatera Utara, mantan Kepala Intelijen Polri otomatis juga memiliki pemahaman Indonesia secara menyeluruh lengkap," kata Tito dikutip dalam keterangan persnya, Jumat (22/10/2021).

Lebih lanjut Tito menambahkan, dengan rekam jejak Komjen Paulus di kepolisian yang sangat luas, diharapkan mampu memenuhi harapan.

“Mantan Kepala Intelijen Polri otomatis memiliki pemahaman tentang Indonesia secara menyeluruh, lengkap, sehingga Bapak Presiden (Jokowi) memberikan kepercayaan dengan Keppres-nya kepada Bapak Paulus Waterpauw,” ungkap Tito.

Baca juga: Komjen Paulus Dilantik Deputi Kemendagri, Irjen Argo: Dia Sudah Pamit

Baca juga: Jokowi Harapkan MES Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Syariah

Selain itu, status Paulus sebagai Kepala Intelijen Polri juga jadi daya tarik tersendiri dalam membangun wilayah di perbatasan.

Sebab, wilayah tersebut menjadi strategi pertahanan agar masyarakat yang tinggal di wilayah itu tidak bergantung kepada negara tetangga, sehingga rasa nasionalisme terhadap NKRI tidak berkurang.

"Potensi-potensi yang ada di perbatasan negara khususnya kecamatan perbatasan harus dikembangkan agar perbatasan negara menjadi pusat ekonomi baru," katanya.

Seperti diketahui, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw resmi dilantik menjadi Deputi BNPP di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pada Kamis (21/10/2021).

Paulus menggantikan Boytenjuri. Putra asli Papua itu resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan baru sebagai Deputi BNPP Depdagri. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga