Ini Bahan Alami Lembutkan Daging Selain Nanas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Ini Bahan Alami Lembutkan Daging Selain Nanas
Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk melunakkan daging, salah satunya daun pepaya. Foto: Tempo.co

" Saat lebaran Idul Adha tak sedikit masyarakat yang kebagian daging hewan kurban. Protein yang padat membuat daging alot saat dimasak, sehingga mengurangi cita rasa masakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat lebaran Idul Adha tak sedikit masyarakat yang kebagian daging hewan kurban. Protein yang padat membuat daging alot saat dimasak, sehingga mengurangi cita rasa masakan.

Agar daging tidak alot saat dimasak Anda perlu mengolahnya dengan benar dan menggunakan bahan tertentu sehingga daging yang Anda masak bisa lembut.

Berikut adalah beberapa bahan rumahan yang bisa digunakan untuk melunakkan daging dikutip dari Fimela.com dan Tempo.co:

Baca Juga: Tips Bersihkan Westafel Keramik dan Stainless Steel

1. Teh

Teh mengandung tanin, yang merupakan zat pelunak alami. Caranya: buat 1-2 cangkir teh hitam yang kuat, biarkan dingin, lalu rendam daging sapi dalam air teh hingga 24 jam. Semakin lama daging direndam, daging semakin empuk.

2. Kopi

Kopi dapat dimanfaatkan untuk membumbui daging sekaligus melunakkan tekstur daging. Selain itu, kopi juga dapat memperkuat rasa daging dan menambah aroma yang sedap.

Caranya: seduh kopi kental, lalu diamkan sampai dingin. Selanjutnya, rendam daging dalam air kopi selama 24 jam. Apabila sudah direndam, daging dapat langsung diolah.

3. Daun pepaya

Sama seperti nanas, daun pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat melunakkan daging dengan cara yang sangat alami. Cara menggunakan daun pepaya bisa dengan cara digerus dan dicampur dengan daging lalu dibiarkan selama beberapa jam.

Atau cukup dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya dan dibiarkan semalaman, maka daging tidak akan alot saat dimasak.

4. Jahe

Jahe adalah bahan umum dalam bumbu perendam berkat rasa pedasnya yang unik dan fakta bahwa jahe mengandung enzim 'proteolitik' yang secara alami memecah protein daging. Cara menggunakannya, tambahkan irisan jahe atau ampas jahe ke permukaan daging sapi dan biarkan daging minimal selama 2 jam. 

Baca Juga: Usir Semut dari Rumah dengan Cara Ini

5. Baking soda

Baking soda memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memecah protein dalam daging. Caranya: taburkan dan gosokkan baking soda di permukaan daging. Lalu diamkan di dalam lemari es selama beberapa jam.

6. Cuka

Asam asetat dalam cuka memecah serat daging. Hal itu akan membuat daging lebih lembut dan beraroma. Caranya: tambahkan 1 sendok makan cuka putih ke bumbu masak atau rendam daging dalam cuka sebelum memasaknya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga