Ini Bahayanya Berhubungan Seks Saat Haid

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 11 Maret 2023
0 dilihat
Ini Bahayanya Berhubungan Seks Saat Haid
Berhubungan seks saat menstruasi punya risiko yang serius bagi kesehatan reproduksi. Foto: Repro Hellosehat.com

" Aktivitas seks yang berlangsung dalam kondisi haid bisa meningkatkan risiko infeksi di dalam rahim "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski tidak jarang wanita mendapati gairah seks yang menggebu saat haid, namun berhubungan badan saat menstruasi sangat berbahaya dan berisiko bagi kesehatan reproduksi.

Dilansir dari Kompas.com, sebenarnya, selalu ada risiko infeksi saat melakukan hubungan seks oral, anal, vaginal, atau segala bentuk kontak genital kulit-ke-kulit, termasuk selama menstruasi. Bahkan, tetap ada risiko kehamilan saat berhubungan seks selama menstruasi.

Ada dua jenis infeksi yang mungkin terjadi akibat aktivitas seksual, yakni infeksi menular seksual (IMS) dan masalah yang disebabkan oleh perubahan flora normal vagina, seperti infeksi jamur dan vaginosis bakteri.

Infeksi jamur dapat terjadi tanpa melakukan aktivitas seksual, tetapi seseorang memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi jamur karena perubahan hormonal selama menstruasi.

Hubungan seks vagina-penis juga dapat menyebarkan infeksi jamur yang menyebabkan kepala penis meradang. Kondisi ini disebut balanitis.

Baca Juga: Manfaat Kencing Setelah Berhubungan Seks Bagi Wanita

Dilansir dari Cnnindonesia.com, beberapa bahaya lain yang mengintai jika berhubungan seks saat haid yaitu:

1. Infeksi Bakteri

Aktivitas seks yang berlangsung dalam kondisi haid bisa meningkatkan risiko infeksi di dalam rahim. Selama masa haid, keadaan mulut rahim akan terbuka dan sensitif. Apabila terjadi penetrasi penis, kuman dari luar bisa saja terdorong masuk ke dalam vagina dan membuat infeksi.

Salah satu jenis infeksinya adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi ini dapat ditularkan dari wanita ke pria, meski ia tidak memiliki rahim sehingga menjadi carrier atau pembawa HPV.

2. Risiko Endometriosis

Wanita yang sedang haid namun tetap melakukan seks akan sangat rentan terhadap risiko penebalan jaringan dinding rahim atau endometriosis.

Baca Juga: Selain Atasi Dehidrasi, Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Haid

Sebab, saat terjadi penetrasi penis ke vagina, darah haid yang seharusnya keluar berisiko masuk kembali, kemudian menempel dan mengendap di lapisan dinding rahim.

Kondisi tersebut dapat memicu endometriosis. Apabila dibiarkan bisa menyebabkan tumor hingga kanker serta meningkatkan risiko infertilitas atau gangguan kesuburan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga