Ini Cara Bikin Mood Naik Lagi, Healing Salah Satunya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 02 Maret 2022
0 dilihat
Ini Cara Bikin Mood Naik Lagi, Healing Salah Satunya
Healing jadi salah satu cara untuk tingkatkan mood. Foto: Shutterstock

" Aktivitas di hari itu pun menjadi tidak produktif, padahal ada setumpuk tugas yang harus dikerjakan "

KENDARI, TELISIK. ID - Mungkin kamu pernah merasakan hari di mana hilang semangat untuk melakukan segala sesuatu, jadi terlihat lesu dan malas-malasan.

Aktivitas di hari itu pun menjadi tidak produktif, padahal ada setumpuk tugas yang harus dikerjakan. Saat itulah kamu butuh membuat mood naik lagi (mood booster).

Sebenarnya banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat mood naik lagi, berikut Telisik.id merangkumnya dilansir dari berbagai sumber.

1. Minum kopi berkafein

Mengutip Healthline, dosis kafein yang rendah hingga sedang dapat membantu meningkatkan energi mental.

Sudah ada penelitian pada 2016 yang mengeksplorasi efek kafein pada kinerja kognitif, fisik, dan tempat kerja, antara sekitar 40 dan 300 miligram kafein.

2. Bangun dan bergerak

American Psychological Association (APA) mengatakan sudah ada bukti secara konsisten yang menunjukkan bahwa olahraga bermanfaat bagi pikiran dan tubuh.

Baca Juga: Sering Overthinking? Ini 6 Cara untuk Mengatasinya

Selain membantu meningkatkan kesehatan fisik, olahraga teratur dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan suasana hati, memori dan proses berpikir, kesejahteraan mental dan emosional secara keseluruhan.

3. Cari pemandangan segar (healing)

Melansir Kompas.com, pemandangan atau suasana yang monoton dalam beraktivitas sehari-hari mungkin berpengaruh besar membuat jenuh dan mood turun. Sehingga, baik untuk mencari pemandangan baru untuk bisa mood naik lagi.

Direkomendasikan untuk meluangkan waktu 20 hingga 30 menit (atau lebih jika bisa) mencari pemandangan baru atau segar. Idealnya, kamu bisa berkunjung ke tempat yang menenangkan atau tempat yang kamu sukai.

Baca Juga: Waspada, Jaga Anak dari 10 Penyakit Ini Saat Musim Hujan

4. Minum air putih

Penting untuk penuhi kebutuhan air putih harian untuk mood naik lagi. Jika tubuh kekurangan cairan, salah satu efeknya adalah perasaan yang mudah lelah atau mood turun.

Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk orang dewasa minum air putih sekitar 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20 persen.

Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga