Ini Daerah Calon Provinsi Baru di Sulawesi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 01 Februari 2023
0 dilihat
Ini Daerah Calon Provinsi Baru di Sulawesi
Kabupaten Luwuk digadang-gadang menjadi pusat ibu kota pemekaran Sulawesi Timur karena luas wilayahnya yang mencapai 9.672,70 km2 yang masuk wilayah Kabupaten Banggai. Foto: Repro Luwukab.go.id

" Pemekaran Sulawesi Timur terpisah dari Sulawesi Tengah, sudah lama terdengar. Setidaknya ada 6 kabupaten yang masuk usulan bergabung di Provinsi Sulawesi TimurPemekaran Sulawesi Timur terpisah dari Sulawesi Tengah, sudah lama terdengar. Setidaknya ada 6 kabupaten yang masuk usulan bergabung di Provinsi Sulawesi Timur "

MOROWALI, TELISIK.ID - Usulan pemekaran Provinsi Sulawesi Timur (Sultim) yang akan dimekarkan dari bagian Sulawesi Tengah kian berhembus.

Mengutip Bondowosonetwork.com, pemekaran Sulawesi Timur, terpisah dari Sulawesi Tengah, sudah lama terdengar. Setidaknya ada 6 kabupaten yang masuk usulan bergabung di Provinsi Sulawesi Timur.

Tercatat, Provinsi Sulawesi Tengah terbagi 13 wilayah administratif, yakni 12 kabupaten dan 1 kota, sedangkan Sulawesi Tengah sendiri memiliki luas wilayah mencapai 61.841,29 km2.

Daftar 12 kabupaten di Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Buol, Donggala, Morowali, Morowali Utara, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, Tolitoli, dan Kota Palu.

Baca Juga: Deretan Fakta Mengejutkan 3 Provinsi Baru di Papua

Dikutip dari Metrosulteng.com, Sulawesi Timur dianggap masyarakat sangat mendesak karena jarak antara ibu kota Sulawesi Tengah di Palu dengan daerah di Sulawesi Timur sangat jauh.

Jika ditempuh perjalanan darat hingga 20 jam untuk wilayah Banggai hingga Banggai Kepulauan, termasuk Morowali dan Morowali Utara.

Baca Juga: Masjid Tua di Muna Barat Tak Mampu Lagi Tampung Jemaah

Adapun kabupaten yang masuk dalam pemekaran Provinsi Sulawesi Timur, yakni Kabupaten Banggai, Tojo Una-Una, Banggai Kepulauan, Morowali dan Morowali Utara. Sementara, Kota Luwuk (Banggai) sebagai ibu kota dari Provinsi Sulawesi Timur.

Padahal Morowali lebih potensial untuk menjadi ibu kota provinsi. Sebab wilayah ini dianggap terkaya dan paling sibuk. Mengingat keberadaan tambang nikel terbesar di Sulawesi, yang terletak di Blok Bahadopi, Kabupaten Morowali.

Tambang nikel luasnya sekira 47.000 hektare, dikelolah perusahaan asal Tiongkok dengan saham 49 persen. Tetapi Luwuk menjadi pusat ibu kota pemekaran Sulawesi Timur karena luas wilayahnya yang mencapai 9.672,70 km2 yang masuk wilayah Kabupaten Banggai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga