Ini Daftar Mahasiswa Muna Barat Lolos Beasiswa Prestasi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Ini Daftar Mahasiswa Muna Barat Lolos Beasiswa Prestasi
Pemda Muna Barat umumkan daftar penerima beasiswa prestasi baik akademik maupun non akademik. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Setelah dibuka pendaftaran beasiswa prestasi di bidang akademik maupun non akademik, Pemda Muna Barat umumkan 257 orang mahasiswa dinyatakan lulus seleksi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Setelah dibuka pendaftaran beasiswa prestasi di bidang akademik maupun non akademik, Pemda Muna Barat umumkan 257 orang mahasiswa dinyatakan lulus seleksi.

Sebelumnya, Pemda Muna Barat telah mengumumkan pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, baik itu di bidang akademik, olahraga dan seni, serta Tahfiz Alquran.

Namun, proses seleksi itu dilakukan pasalnya 337 mahasiswa berlomba-lomba mendaftar, sehingga melebihi anggaran yang disiapkan, yakni anggaran yang disiapkan sebesar Rp 800 juta.

Untuk itu, saat ini Pemda Muna Barat umumkan penerima beasiswa tersebut terdiri dari dua kategori, yakni kategori pendidikan berprestasi dan seni olahraga.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Program Rencana Tindak Lanjut Peraturan Perundang-undangan

Untuk kategori beasiswa berprestasi terdiri dua, yakni mahasiswa strata satu (S1) sebanyak 204 orang dan 25 adalah mahasiswa S2. Sementara untuk kategori beasiswa seni dan olahraga sebanyak 28 orang.

Seperti yang dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri program beasiswa itu merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Pasalnya mahasiswa adalah salah satu aset daerah yang berharga, yang mana mereka sebagai generasi penerus akan memimpin dan membangun daerah ke depan, hal ini juga bagian dari tanggung jawab pemda dalam membangun sumber daya manusia.

"Maka dengan diberikan beasiswa, mahasiswa mampu memiliki kemauan untuk sukses dan mandiri secara sikap maupun tindakan," ungkapnya, Kamis (12/10/2023).

Ia juga berharap agar sekembalinya mahasiswa ke Muna Barat, dapat menjadi entrepreneurship yang membuka lapangan kerja di daerah.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Muna Barat, La Karimu mengatakan, pemda telah menambahkan anggaran untuk penerima beasiswa sebesar Rp 1,5 miliar, dengan rincian untuk beasiswa S1 sebesar Rp 5 juta dan S2 sebesar Rp 7 juta, serta seni dan olahraga terdiri dari juara sea games tahun 2023, dan tahfiz Alquran.

Karimu katakan, untuk juara Sea Games tahun 2023 sebesar Rp 20 juta dan ini telah diserahkan, sementara tahfiz penghafal Alquran 30 jus sebesar Rp 7 juta dan Tahfiz penghafal Alquran 20 jus Rp 5 juta.

Baca Juga: Budidaya Bawang Merah di Muna Barat Sukses Panen Perdana

Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh penerima beasiswa yang dinyatakan lulus untuk segera melakukan pendaftaran ulang mulai 16-23 Oktober 2023, dengan syarat menyertai fotocopy rekening BPD serta membawa surat keterangan tidak menerima beasiswa dari pihak manapun yang ditandatangani oleh pihak perguruan tinggi.

Selanjutnya, syarat tersebut diantar langsung ke sekretariat penjaringan beasiswa berprestasi yakni di ruang Kesra Setda Muna Barat

“Yang terpenting ialah surat keterangan tidak menerima beasiswa. Kalau untuk rekening kita beri kemudahan, kalau tidak memiliki rekening BPD tidak masalah, mereka bisa menggunakan nomor rekening pribadi yang sering digunakan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, penerima beasiswa prestasi tersebut berdasarkan surat pengumuman hasil seleksi beasiswa prestasi Kabupaten Muna Barat Nomor 400.1.1/1229/2023 https://publuu.com/flip-book/265789/624552. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga