Ini Daftar Nama 10 Besar Calon Anggota KPU Sulawesi Tenggara

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
Ini Daftar Nama 10 Besar Calon Anggota KPU Sulawesi Tenggara
10 besar calon anggota KPU Sulawesi Tenggar telah diumumkan Timsel, selanjutnya akan dikirim ke KPU RI. Foto: Ist.

" Setelah pelaksanaan seleksi tes kesehatan dan wawancara, Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU Sulawesi Tenggara memperoleh 10 besar nama yang akan diumumkan kepada publik "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah pelaksanaan seleksi tes kesehatan dan wawancara, Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU Sulawesi Tenggara memperoleh 10 besar nama yang akan diumumkan kepada publik, Jumat, (24/3/2023).

Pengumuman 10 besar berdasarkan hasil tes kesehatan dan wawancara bakal calon anggota KPU. Diketahui tes kesehatan telah dilaksanakan pada 16 dan 17 Maret 2023 dan tes wawancara dilaksanakan pada 20 Maret 2023.

Anggota Timsel KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Jamhir Safani menjelaskan, hasil dari akumulasi kedua seleksi tersebut menghasilkan dari 20 besar menjadi 10 besar, selanjutnya 10 besar nama diteruskan ke KPU RI untuk diproses lebih lanjut menuju ke-5 besar.

Baca Juga: PSI Manggarai Ajak Anak Muda dan Perempuan Daftar Bacaleg 2024

“Jadi tes kesehatan itu bersifat determinatif ada 3 yaitu jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba. Ketiganya itu merupakan hasil tes yang dilakukan di Rumah Sakit dr Ismoyo yang mana bekerjasama juga dengan Mabes TNI AD.  

Selain itu, berdasarkan hasil seleksi juga ada 3 kategori, pertama yaitu direkomendasikan, kedua dipertimbangkan dan ketiga tidak direkomendasikan. Sifat determinatif ini maksudnya bagi yang tidak di rekomendasikan maka otomatis dinyatakan tidak lulus.

Jamhir juga menjelaskan dari 20 bakal calon tadi itu tidak ada yang berstatus tidak rekomendasikan. Selain itu untuk tes wawancara ada 4 komponen yang dinilai yaitu keilmuan ke tata negaraan, kepartaian dan kelembagaan di penyelenggara pemilu.

Metodenya yaitu perangkingan, di mana tim seleksi menilai para calon kemudian nilai yang dari kelima tim seleksi ini digabung dan diakumulasi lalu mereka yang masuk rangking 1-10 dinyatakan lulus sebagai calon yang diteruskan ke KPU RI.

Baca Juga: Sekjen PDI Perjuangan Sindir Anies Baswedan

Berdasarkan pengumuman Nomor: 20/TIMSELPROV-GEL. 1-Pu/04/74/2023 tentang Hasil Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Periode 2023-2028, 10 besar nama yang akan diteruskan ke KPU RI sebagai berikut:

1. Abdul Rajab (L)

2. Amirudin (L)

3. Asril (L)

4. Awaluddin Ussa (L)

5. Hamiruddin Udu (L)

6. Hazamuddin (L)

7. Muhammad Mu’min Fahimuddin (L)

8. Suprihaty Prawaty Nengtias (P)

9. Syawal Sumarata (L)

10. Wa Ode Nur Iman (P). (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga