Ini Deretan Alasan Lionel Messi Tak Layak Dapat Trofi Ballon dOr 2021

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 13 Juli 2021
0 dilihat
Ini Deretan Alasan Lionel Messi Tak Layak Dapat Trofi Ballon dOr 2021
Lionel Messi meraih trofi Ballon dOr keenam pada 2019. Foto: Repro Diario Sport

" Kapten Argentina, Lionel Messi memiliki kekurangan dalam upayanya meraih gelar Ballon d'Or 2021 jika melihat hasil yang diraihnya di level klub maupun tim nasional. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kapten Argentina, Lionel Messi memiliki kekurangan dalam upayanya meraih gelar Ballon d'Or 2021 jika melihat hasil yang diraihnya di level klub maupun tim nasional.

Messi kini jadi calon kuat peraih Ballon d'Or setelah musim yang cukup mengecewakan bersama Barcelona. Nama Messi kembali diapungkan seiring keberhasilan memberikan gelar Copa America untuk Argentina.

Messi bukan hanya membantu Argentina juara tetapi berhasil mengamankan gelar top skor dan pemain terbaik. Namun, performa mengecewakan di klub bisa jadi batu sandungan Messi untuk meraih gelar ketujuh Ballon d'Or tahun ini.

Berikut deretan alasan Messi tak layak dapat Ballon d'Or 2021 dilansir dari Bolanet dan Cnnindonesia.com.

1. Gagal Juara Liga Spanyol

Messi tak mampu berbuat banyak untuk membantu Barcelona mengamankan trofi Liga Spanyol. Messi dkk kalah bersaing dengan dua tim sekota, Atletico Madrid dan Real Madrid dalam perburuan gelar musim ini.

Barcelona memulai musim dengan buruk. Skuad asuhan Ronald Koeman sempat tercecer ke papan tengah tetapi perlahan bisa masuk dalam bursa juara seiring inkonsistensi yang ditunjukkan Atletico.

Saat persaingan juara memasuki fase krusial, Barcelona kembali angin-anginan. Blaugrana akhirnya keluar jalur juara Liga Spanyol yang dimenangi oleh Atletico. Di akhir musim Liga Spanyol, Barcelona harus puas finis ketiga di belakang Madrid dan Atletico.

Baca juga: Perjalanan Timnas Italia dari Babak Penyisihan hingga Juara Euro 2020

Baca juga: Italia Juara Euro 2020, Roberto Mancini Jadi Pangeran Tampan Snow White

2. Tak Berkutik di Liga Champions

Jauh sebelum gagal mengamankan gelar Liga Spanyol, Barcelona lebih dulu terdepak dari Liga Champions.

Langkah Barcelona bahkan sudah terhenti di babak 16 besar. Barcelona kalah agregat 2-5 dari PSG. Barcelona takluk dengan skor telak 1-4 dari Les Parisiens pada leg pertama yang berlangsung di Camp Nou.

Di leg kedua, Barcelona bermain lebih baik dan meraih hasil imbang 1-1. Kegagalan melangkah jauh di Liga Champions itu jadi bukti ketidakmampuan Messi mengubah peruntungan timnya di turnamen ini usai tersingkir pada babak perempat final musim sebelumnya.

3. Pesaing Ukir Prestasi Lebih Mengkilap

Messi memang berhasil meraih dua gelar yaitu trofi Copa del Rey dan Copa America 2021. Namun, dua trofi ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pencapaian gelandang Chelsea, Jorginho.

Jorginho jadi sosok kunci dalam keberhasilan Chelsea meraih gelar Liga Champions. Pemain berdarah Brasil itu juga punya perang penting atas sukses timnas Italia meraih gelar Euro kedua mereka sepanjang sejarah.

Dari segi raihan trofi, Jorginho jelas berada di atas Messi karena bisa meraih gelar Liga Champions dan Euro 2020. Sedangkan Messi sukses di Copa America 2021 tetapi babak belur di Liga Champions. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga