Ini Doa Hari ke-9 dan 10 Ramadan Serta Keistimewaannya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 18 April 2021
0 dilihat
Ini Doa Hari ke-9 dan 10 Ramadan Serta Keistimewaannya
Ilustrasi berdoa. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Ada ibadah sunnah seperti membaca doa puasa atau doa Ramadan mulai dari hari pertama sampai hari terakhir puasa Ramadan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Selain puasa yang merupakan amalan wajib pada bulan Ramadan, ada beberapa amalan ibadah lain yang dianjurkan oleh para ulama.

Amalan ibadah ini akan meningkatkan iman, takwa, dan memberi berkah di luar dugaan manusia. Ada ibadah sunnah seperti membaca doa puasa atau doa Ramadan mulai dari hari pertama sampai hari terakhir puasa Ramadan.

Kalau Anda sudah membaca amalan doa hari ke-1 sampai hari ke-5, yakni dari tanggal 13-17 Ramadan, jangan berhenti, lanjutkan sampai doa hari ke-9 dan 10 Ramadan dan seterusnya. Buat Anda yang belum tahu bacaan doanya, simak catatan di bawah ini dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Bacaan Doa Hari ke-9 Ramadan

Allahummajalli fihi nashibam mir rahmatikal wasiah, wadini fihi libarahinikas sathiah, wa khudz binashiyati ila mardhatikal jamiah, bimahabbatika ya Amalal musytaqin.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kepadaku di bulan sebagian dari rahmat-Mu yang luas, tunjukanlah aku di bulan ini kepada tanda-tanda-Mu yang terang, dan tuntunlah aku kepada ridha-Mu yang maha luas. Dengan cinta-Mu wahai harapan orang-orang yang rindu."

Bacaan Doa Hari ke 10 Ramadan

Allahummajani fîhi minal mutawakkilina alayka, wajalni fihi minal faizina ladayka, wajalni fihi minal muqarrabina ilayka, bi-ihsanika ya Ghayatath thalibin.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang bertawakal kepada-Mu, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang jaya di haribaan-Mu, dan jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang telah dekat kepada-Mu. Dengan kebaikan-Mu wahai tujuan orang-orang yang berharap"

Baca juga: Ingin Jadi Mualaf? Ini Cara Mudah Masuk Islam

Keistimewaan Membaca Doa Hari ke-9 dan 10 Ramadan

Sebagaimana dapat Anda baca, doa hari 9-10 Ramadan mengandung makna mendalam, antara lain:

- Kita menjadi lebih berpasrah kepada kehendak Allah SWT sang pemilik dan pengatur alam semesta

- Kita menjadi lebih menyadari keberadaan diri tidak ada bandingannya dengan alam semesta ciptaan Allah SWT sehingga kita mudah tersesat, tanpa bimbingannya kita akan kesulitan untuk menjalani hidup

- Dengan membacanya dalam kondisi khusyuk, berkonsentrasi dan pasrah, ini dapat membersihkan pikiran kita dari pengaruh-pengaruh negatif

- Kita menjadi terhindar dari pikiran-pikiran buruk, sebaliknya kita akan mendapatkan energi positif dan optimisme yang tinggi dengan dapat menyadari siapa diri kita sebenarnya

- Kita menjadi lebih dekat dengan ruh dan sang Khalik, membuat kita menjadi lebih tabah dalam menjalani cobaan hidup

- Membuat kita menjadi lebih tenang seperti air dan menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur.

Oleh karena itu, lanjutkanlah berdoa kepada Allah SWT dengan doa-doa di atas dan doa-doa lain yang Anda ketahui. Allah SWT Maha Mengetahui dan Maha Pengasih, tentunya dapat membaca isi hati kita.

Doa-doa ini akan membuat kita lebih disayang oleh Allah SWT. Demikian bacaan doa hari ke-9 dan 10 Ramadan untuk membuat puasa Anda lebih bermakna. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga