Ini Doa Menyambut 10 Hari Terakhir Ramadan, Jangan Lewatkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 29 Maret 2024
0 dilihat
Ini Doa Menyambut 10 Hari Terakhir Ramadan, Jangan Lewatkan
Penting mengetahui doa menyambut 10 hari terakhir bulan suci Ramadan. Foto: Repro Freepik/ruslangaliullin

" Pada 10 hari terakhir Ramadan, dianjurkan memperbanyak doa. Karena fase ini merupakan waktu yang sangat baik untuk memperbanyak amalan salih "

KENDARI, TELISIK ID - Keutamaan memasuki 10 hari terakhir Ramadan sangat penting diketahui kaum Muslimin, termasuk doa menyambut hari-hari istimewa ini. Hal ini dilakukan karena fase ini merupakan waktu yang sangat baik untuk memperbanyak amalan salih.

Dikutip dari jabar.nu.or.id, fase 10 hari terakhir bulan Ramadan menjadi sangat istimewa dan selalu menjadi malam-malam favorit Rasulullah SAW.

Baginda Nabi SAW sudah memberikan contoh bagaimana memaksimalkan hari spesial 10 malam terakhir Ramadan ini. Ada dua alasannya. Pertama, setiap amalan dinilai dari akhirnya; kedua, supaya meraih Lailatul Qadar.

Di antara yang dilakukan Rasulullah adalah menghidupkan malam-malam Ramadan, membangunkan keluarganya untuk salat malam, dan mengencangkan gamisnya yakni menghindari tempat tidur dengan memisahkan diri dari istri-istri beliau.  

“Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah,” (HR Al- Bukhari).

Baca Juga: Gus Baha Ungkap Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Oleh karena itu, pada 10 hari terakhir Ramadan dianjurkan memperbanyak doa. Melansir Okezone.com, berikut dua hadits yang menjelaskan mengenai doa Lailatul Qadar:

Doa Pertama

Doa pertama berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi yang berbunyi:

Arab latin: Allahumma innaka afuwwun karimun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni ('anna jika dibaca berjamaah).

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf Yang Pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)."

Dengan isi hadits lengkap yang artinya: "Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia bercerita, ia pernah bertanya, 'Wahai Rasulullah, jika aku kedapatan menjumpai Lailatul Qadar, bagaimana doa yang harus kubaca?' Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjawab, 'Bacalah: 'Allahumma innaka afuwwun karimun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni'." (HR At-Tirmidzi).

Doa Kedua

Doa kedua diriwayatkan kepada lima imam hadis, kecuali Imam Abu Dawud yang berbunyi:

Arab latin: Allahumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni ('anna jika dibaca berjamaah).

Baca Juga: Simak Sejarah Singkat Peristiwa Nuzulul Qur'an

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)."

Dengan isi hadits lengkap yang artinya, "Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia bercerita, ia pernah bertanya, 'Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mengerti sebuah malam itu adalah Lailatul Qadar. Bagaimana doa yang harus kubaca?' Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjawab, 'Bacalah: 'Allahumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni'." (HR lima imam hadis kecuali Imam Abu Dawud. Hadis ini diakui shahih oleh Imam At-Tirmidzi dan Al Hakim).

Nah, itulah dua doa yang bisa dibaca untuk menyambut 10 hari terakhir Ramadan. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga