Ini Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran SPBU di Ruteng NTT

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 11 Mei 2021
0 dilihat
Ini Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran SPBU di Ruteng NTT
Tangkapan layar rekaman CCTV kebakaran SPBU di Ruteng, NTT. Foto: Ist.

" Kita sudah amankan rekaman CCTV untuk penyelidikan lebih lanjut. "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Polres Manggarai sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terjadi di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (10/05/2021).

Dalam pengembangan penyelidikan tersebut polisi berhasil mengamankan rekaman CCTV dan dua unit sepeda motor yang hangus terbakar.

Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya sudah mengamankan dua barang bukti untuk mengetahui dugaan penyebab kebakaran SPBU.

Dua bukti tersebut menjadi dugaan sementara penyebab kebakaran SPBU yang berlokasi di Kelurahan Compang Tuke itu.

"Kita sudah amankan rekaman CCTV untuk penyelidikan lebih lanjut," ujar Kapolres Anton mengutip dari floresa.co.

Baca juga: SPBU di Ruteng NTT Ludes Terbakar, Petugas dan Warga Panik

Rekaman CCTV yang berhasil diperoleh Telisik.id Senin (10/5/2021) malam memperlihatkan video berdurasi kurang lebih 28 detik. Video tersebut juga viral di media sosial.

Dugaan kuat video yang ada dalam rekaman CCTV itu adalah detik-detik sesaat sebelum SPBU milik Bapa Tekiong itu terbakar.

Dalam video itu terlihat dua unit sepeda motor hangus terbakar. Sementara petugas SPBU dan pengendara lain terlihat lari meninggalkan tempat.

Sebelumnya diberitakan sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berlokasi di Kelurahan Compang Tuke, Kecamatan Langke Rembong, Ruteng Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ludes terbakar.

Informasi yang diperoleh Telisik.id melalui video amatir warga, api dengan cepat merambat ke seluruh SPBU, mulai dari alat pengisian BBM hingga atap. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Baca juga: Antisipasi Kerumunan, Takbir Keliling di Kolaka Utara Ditiadakan

Warga yang berada di sekitar SPBU bergegas cepat menyelamatkan seluruh isi rumah karena panik api merambat ke rumah mereka. Sementara petugas SPBU berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sebelum akhirnya mobil pemadam kebakaran datang.

Belum diketahui penyebab kebakaran SPBU itu, namun pihak Kepolisian beserta Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP) sudah berada di lokasi pasca kebakaran untuk membantu membersihkan dan mengamankan puing-puing sisa kebakaran.

Pasca kebakaran, petugas SPBU langsung dimintai keterangan oleh polisi.

Kasat Pol PP Kabupaten Manggarai, Lambertus Sahe yang dihubungi wartawan membenarkan kejadian tersebut. Ia mengaku belum mengetahui sebab pasti insiden kebakaran itu.

"Nanti kamu tanya sama polisi saja karena pihak kepolisian sedang menyelidiki," kata Lamber seperti dilansir dari Pos Kupang.com. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga