adplus-dvertising

Ini Fakta Terbaru Eril Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Swiss, Sudah Ditemukan?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 01 Juni 2022
19656 dilihat
Ini Fakta Terbaru Eril Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Swiss, Sudah Ditemukan?
Eril anak Ridwan Kamil yang hilang di sungai Swiss. Foto: Bicaraberita

" Tim SAR Bern yang terdiri dari polisi air, polisi medis, dan pemadam kebakaran, tegasnya, terus melanjutkan pencarian "

SWISS, TELISIK.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern telah memastikan otoritas kota dan pemerintah Swiss melakukan upaya maksimal untuk mencari Emmeril "Eril" Khan Mumtadz (23).

Ia adalah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dilaporkan terseret di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022). Hingga saat ini Eril masih belum ditemukan, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menjelaskan, tim SAR Bern yang terdiri dari polisi air, polisi medis, dan pemadam kebakaran, tegasnya, terus melanjutkan pencarian.

Berbagai metode akan dikerahkan dalam proses pencarian. Setelah sebelumnya memakai drone thermal untuk mendeteksi panas tubuh manusia, kini tim SAR akan menggunakan drone konvensional untuk bermanuver serendah mungkin di atas permukaan sungai.


Tim juga akan menggunakan perahu pencari dan sudah bisa mengerahkan penyelam. "Metode pagi ini lebih intensif," ujar Muliaman.

Menurut Muliaman, kondisi air pada saat kejadian mencapai 16 derajat celcius dan sedikit keruh karena lelehan salju. Sehingga menjadi kendala terutama untuk mengerahkan tim penyelam.

"Sungai Aare ini datangnya dari salju yang meleleh sehingga relatif dingin dan ada kristal putih sehingga agak keruh," ucapnya dilansir CNBCIndonesia.com

Berikut fakta terbaru pencarian Eril yang hilang di sungai Swiss.

Baca Juga: Polisi Swiss Ungkap Lokasi Terakhir Anak Ridwan Kamil Terlihat di Sungai Aare

1. Pencarian Eril di Sungai Aare Menggunakan Drone Thermal

Pencarian Eril di Sungai Aare Menggunakan Drone Thermal Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad mengungkapkan bahwa pihak kepolisian Swiss telah melakukan pencarian menggunakan drone thermal yang dapat mendeteksi panas tubuh. Pada masa darurat yakni 15 menit setelah menerima laporan, Tim SAR sudah menyisir sungai menggunakan drone thermal, namun tidak ditemukan tanda keberadaan Eril.

2. Keluarga ikhlaskan apapun takdir Eril

Melansir Kompas.com, hari keenam pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Sungai Aare, Bern, Swiss, belum membuahkan hasil, Selasa (31/5/2022).

Menurut kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, pihak keluarga sudah ikhlas terhadap apapun yang menjadi takdir Eril. Selain itu, kata Erwin, pihak keluarga juga sudah berkonsultasi dengan sejumlah ulama terkait musibah tersebut.

3. Tak Ada Batas Waktu Pencarian

Melansir Tempo.co, Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad, memastikan pencarian terhadap putra Eril yang berusia 23 tahun itu akan terus dilakukan.

Baca Juga: Ini Kronologi Anak Ridwan Kamil Hilang Saat Berenang di Swiss

"Tidak ada spesifik waktu kapan pencarian akan dihentikan. Pencarian akan terus dilakukan setiap hari, setiap titik, setiap pojok," ujar Muliaman.

Muliaman menerangkan menurut laporan daripada kepolisan, korban tengelam di Sungai Aare 99,9 persen ditemukan dalam tiga pekan setelah hanyut. Klaim ini didasarkan pada pengalaman polisi air setempat menangani pencarian orang tenggelam.

4. Ridwan Kamil dan Istri Turun Memantau

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya memantau langsung pencarian Eril di Sungai Aare, di Bern, Swiss. Dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu, 28 Mei 2022, Ridwan Kamil bertemu dengan Kepala Polisi Maritim, Urs Käller dan Kepala Polisi Regional, Thomas Müller untuk mendengarkan informasi terbaru terkait proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga