Ini Hal Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Nama Bayi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juli 2023
0 dilihat
Ini Hal Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Nama Bayi
Nama adalah doa, setiap orang tua pasti ingin kehidupan yang terbaik bagi anaknya. Karena itu, pemberian nama pada anak harus memperhatikan beberapa aspek penting. Foto: Repro Orami.co.id

" Lebih dari sebuah doa dan harapan, pemberian nama anak juga harus memperhatikan beberapa aspek yang menyangkut kelangsungan hidup si anak di masa mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang tua pasti ingin kehidupan yang terbaik bagi anaknya. Sehingga tak sedikit orang tua menyematkan harapan mereka pada nama anak. Lebih dari sebuah doa dan harapan, pemberian nama anak juga harus memperhatikan beberapa aspek yang menyangkut kelangsungan hidup si anak di masa mendatang.

Beberapa hal berikut ini yang perlu diperhatikan sebelum memilih nama bayi dikutip Kompas.com dan Fimela.com:

1. Keluarga menyukai nama yang diberikan

Meski hak memberi nama anak ada pada orang tua, namun bukan berarti keluarga besar nggak punya andil dalam hal ini. Bicarakan dengan nenek, kakek, tante, dan om si jabang bayi. Apakah mereka suka dengan pilihan nama yang diberikan. Pastikan mereka bisa melafalkan dan menuliskan nama dengan baik.

2. Pertimbangkan popularitas nama

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Cara Memberi Nama Anak Sesuai Sunnah

Mengikuti tren memang baik, namun jika nama bayi terlalu populer hingga ada lebih dari lima bayi dengan nama yang sama di kelas, mungkin harus menjadi pertimbangan. "Selain itu, mungkin kita tidak ingin tren nama bayi cepat berlalu," ujar pakar penamaan bayi di Baby Centre, Lorna Marsh, memaparkan masalah lain jika memilih nama yang terlalu populer.

3. Cobalah memilih nama yang memiliki makna personal

Menurut WikiHow, orang tua bisa membuat daftar nama yang memiliki makna personal. Misalnya, nama yang serupa dengan anggota keluarga yang dicintai, atau sosok yang berpengaruh dalam hidup kita.

Kita juga tidak perlu takut untuk mengambil inspirasi dari berbagai sumber berbeda, seperti tokoh film atau buku, kata unik di lagu, hingga nama hewan peliharaan kesayangan semasa kecil. Semuanya bisa menjadi nama yang spesial dan bermakna.

4. Pastikan nama yang diberikan bukan nama orang yang dibenci oleh pasangan

Jangan sampai memberi nama bayi dengan nama yang pasangan atau anggota keluarga punya kenangan buruk dengan nama itu. Misalnya, nama mantan kekasih, nama teman yang kelakuannya buruk, atau nama orang yang pernah mengkhianati keluarga.

Baca Juga: Tips Membuat Anak Suka Membaca Buku

5. Pertimbangkan nama panggilan anak berdasarkan nama panjangnya

Selain nama lengkap, orang tua juga perlu untuk memutuskan nama panggilan untuk anak. Jika orang tua memiliki nama panggilan kesayangan sendiri, maka tentukan nama panggilan anak di masyarakat berdasarkan nama lengkapnya.

6. Ketahui arti nama yang diberikan jika itu berasal dari bahasa asing

Nama adalah doa. Jangan hanya karena orang tua ingin anaknya terlihat unik dan beda dari nama bayi lain, lantas memberi nama anak dari bahasa asing yang tidak diketahui pasti artinya. Bisa jadi, nama yang diberikan  punya arti buruk. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga