Ini Harta Presiden Indonesia dari Soekarno hingga Jokowi, Siapa Paling Kaya?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 09 April 2021
0 dilihat
Ini Harta Presiden Indonesia dari Soekarno hingga Jokowi, Siapa Paling Kaya?
Ilustrasi Soekarno dan Jokowi. Foto: Repro Kompasiana.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak merdeka pada tahun 1945, sekarang ini Indonesia sudah punya tujuh presiden yakni, Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, KH. Abdurachman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan yang masih menjabat saat ini Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, tidak hanya masalah politik dan pemerintahan saja yang disorot oleh masyarakat, tapi kehidupan sampai kekayaan pribadi pun menjadi topik menarik untuk dibahas.

Sejak masa kepemimpinan Gusdur dan Megawati, pejabat negara wajib melaporkan harta kekayaanya dalam bentuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau (LHKPN).

Dikutip dari pikiranrakyat.com, inilah kekayaan seluruh presiden Indonesia dari masa ke masa:

1. Soekarno

Pesona presiden pertama Indonesia, Soekarno memang tidak ada habisnya, mulai dari ketampanannya hingga kecakapannya dalam segi diplomasi dan strategi. Terlepas dari itu, jumlah kekayaan Soekarno pernah diberitakan oleh Kronen Zeitung (koran Austria) pada 2012 menyebutkan, Soekarno memiliki 57.000 ton emas yang diberikan pada Amerika.

Pernyataan itu diperkuat dengan klaim salah satu mediator, Gustav Jobsmann, yang mengatakan kekayaan Soekarno senilai $180 miliar US (Rp22 triliun). Uang itu disimpan di UBS (Union Bank of Switzerland). Usut punya usut, kekayaanya berasal dari sejumlah bisnis yang ia tekuni.

2. Soeharto

Slogan “Enak zaman ku toh?” pasti mengingatkan kita pada Soeharto. Pada era Soeharto banyak kebijakan yang dinilai positif. Salah satunya adalah kebijakan Swasembada Pangan. Soeharto juga adalah presiden terkaya di Indonesia.

Dilansir majalah Forbes, kekayaan beliau mencapai $4 miliar US (Rp 55 triliun). Selain itu, Soeharto memiliki banyak Yayasan yang tersebar dan memberikan income yang sangat besar. Selain itu, kekayaan Soeharto berasal dari 3.6 hektare real estate di sejumlah kota besar Indonesia.

3. BJ Habibie

BJ Habibie ternyata menempati posisi keempat presiden terkaya di Indonesia. Majalah Fed Intern Economy Review, melansir kekayaan presiden ketiga Indonesia ini diperkirakan sebesar $60 juta US (Rp815 miliar).

Kekayaan beliau berasal dari bidang yang ia tekuni, seperti teknologi pertanian, perkebunan, juga bisnis lainnya di daerah Batam.

Baca Juga: Jokowi Janji Siapkan Lahan untuk Relokasi Korban Bencana NTT

4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Presiden yang sempat membuat kontroversi karena mengeluarkan dekrit pembubaran MPR dan DPR ini tercatat sebagai presiden terkaya ke tujuh di Indonesia.

Bedasarkan LHKPN 2001, beliau memiliki kekayaan sebesar Rp3,4 miliar. Presiden yang terkenal suka bercanda ini menjabat selama 20 bulan saja. Harta kekayaannya sendiri didapat dari kepemilikan kas dan giro serta dari sejumlah pondok pesantren.

5. Megawati Soekarnoputri

Putri Soekarno ini merupakan presiden wanita pertama di Indonesia. Dari hasil LHKPN 2015, Megawati masuk ke dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, karena memiliki kekayaan sebesar Rp96.164 miliar.

Kekayaan beliau berasal dari sejumlah usaha yang ia tekuni bersama almarhum suaminya. Usaha yang ia miliki seperti, delapan SPBU, sejumlah tanah, dan bangunan di daerah Jakarta. Bahkan, beliau memiliki 22 mobil lho!

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY yang menjabat dua periode ini, pernah masuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Kekayaan SBY dilansir mencapai Rp6.8 triliun. Kekayaan SBY sendiri didapat dari sejumlah kepemilikan bangunan dan tanah di Bogor seluas 3185 meter persegi dan 954 meter persegi. SBY juga memiliki bisnis lain yang cukup menjanjikan.

7. Joko Widodo (Jokowi)

Presiden yang terkenal dengan kebiasaan ‘blusukan’ nya ini masih menjabat hingga saat ini. Soal harta, menurut LHKPN 2012, kekayaan yang dimiliki Jokowi mencapai Rp 27.25 miliar.

Kekayaan Jokowi didapatkan dari kepemilikan tanah dan bangunan seluas 1187 meter persegi dan 120 meter persegi yang jika ditotalkan bernilai miliaran rupiah. Selain itu, beliau juga memiliki tanah lain seluas 2140 meter persegi.

Tak hanya tanah, beliau memiliki bisnis furniture yang memiliki andil besar dalam kekayaannya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga