Ini Hasil Rekapan Suara Sementara Pasca PSL di Dua TPS Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 21 Februari 2024
0 dilihat
Ini Hasil Rekapan Suara Sementara Pasca PSL di Dua TPS Muna Barat
Suasana perhitungan suara saat PSL di TPS dua Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Kusambi. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pasca pemungutan suara lanjutan (PSL), hasil suara sementara yang diraih caleg di Dapil 2, khususnya di TPS dua Desa Tanjung Pinang dan Desa Lapokainse Kecamatan Kusambi sudah keluar "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pasca pemungutan suara lanjutan (PSL), hasil suara sementara yang diraih caleg di Dapil 2, khususnya di TPS dua Desa Tanjung Pinang dan Desa Lapokainse Kecamatan Kusambi sudah keluar.

Diketahui, PSL di dua TPS tersebut telah dilaksanakan pada 20 Februari 2024. Adapun hasil rekapan sementara oleh pihak PPK Kusambi yaitu perolehan suara terbanyak dari PDIP nomor urut 3, Wa Mina peroleh suara sebanyak 114 dari 100 suara yang diperoleh di TPS dua Tanjung Pinang dan 14 suara dari TPS dua Lapokainse.

Sehingga, Wa Mina diprediksi menempati perolehan suara tertinggi di internal PDIP Dapil I. Sementara Habudi caleg PDIP nomor urut 4 hanya peroleh suara sebanyak 64 dari dua TPS yang melakukan PSL, dimana pada TPS 2 Tanjung Pinang sebanyak 27 suara dan TPS 2 Lapokainse sebanyak 37 suara.

Baca Juga: PSL, Caleg Pendatang Baru di Muna Barat Menang di TPS-nya

Tak hanya itu, sesuai PSL caleg PPP nomor urut dua, Alirun memperoleh suara sebanyak 93 suara di dua TPS, di TPS 2 Desa Tanjung Pinang sebanyak 40 suara dan TPS 2 Desa Lapokainse sebanyak 53 suara.

Selanjutnya, caleg PPP Nomor urut 1 Rahman memperoleh 81 suara di dua TPS yaitu di TPS 2 Desa Tanjung Pinang sebanyak 48 suara dan TPS 2 Desa Lapokainse mendapat 33 suara.

Sementara PKB, yang memiliki suara tertinggi pada PSL di dua TPS ini adalah, Sahrul Caleg Nomor urut 1 peroleh suara sebanyak 31 suara yaitu di TPS 2 Desa Tanjung Pinang sebanyak 25 suara dan TPS 2 Desa Lapokainse sebanyak 6 suara.

Sedangkan caleg PKB nomor urut 6 Wernas hanya peroleh suara sebanyak 24 suara yaitu di TPS 2 Desa Tanjung Pinang sebanyak 6 suara dan TPS 2 Desa Lapokainse sebanyak 18 suara.

Hasil perolehan suara pada PSL di tiga partai ini akan menentukan nasib calon anggota DPRD Muna Barat, pasalnya selisih hasil perolehan suara di beberapa TPS dapil satu pada pemungutan suara pada 14 Februari 2024 lalu untuk caleg di tiga partai ini tidak terlalu jauh.

Untuk PDIP, caleg yang bersaing di dapil satu adalah Wa Mina dan Habudi. Dua Caleg ini berebut suara tertinggi untuk lolos menjadi anggota DPRD periode 2024-2029.

"Sebelum PSL di dapil 1 suara yang diperoleh Wa Mina mencapai 1.031 dan Habudi peroleh sebanyak 1.023, sehingga selisih diantara keduanya yakni 8 suara," ungkap saksi PDIP, La Ode Karman, Rabu (21/2/2024).

Untuk PPP perolehan suara caleg sudah mendapat satu kursi. Saat ini tersisa dua caleg yang memiliki peluang yakni Rahman dan Alirun. Dua caleg ini sedang berebut suara tertinggi untuk lolos jadi anggota DPRD Muna Barat.

Baca Juga: Satu Unit Mobil Boks di Muna Barat Terguling

Kemudian PKB, perolehan suara caleg di PKB dapil 1 sudah mendapat satu kursi. Saat ini ada dua caleg yang sedang berebut posisi untuk mendapatkan suara terbanyak yakni Sahrul caleg nomor urut 1 dan Wernas nomor urut 6.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Kusambi, Ade Sahrul meengatakan bahwa informasi perolehan suara hasil PSL untuk tiga partai di dapil satu, tepatnya di TPS 2 Desa Tanjung Pinang dan TPS 2 Desa Lapokainse Kecamatan Kusambi ini baru rekapan suara saat perhitungan di TPS.

“Informasi perolehan suara yang sah nanti selesai pleno KPU Mubar,” pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga