Ini HP Jadul jadi Incaran Kolektor

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
Ini HP Jadul jadi Incaran Kolektor
Pada eranya, Nokia 8.800 dan Samsung SPH-N270 dianggap sebagai gawai yang cukup mewah. Beberapa fitur yang dibawakan seperti layarnya yang tahan gores. Foto: Kolase

" Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, banyak orang berlomba-lomba membeli HP keluaran terbaru bahkan meninggalkan HP jadul. Namun, rupanya ada beberapa orang yang mencari HP jadul, biasanya mereka adalah kolektor "

KENDARI, TELISIK.ID - Di zaman yang serba canggih seperti saat ini,  banyak orang berlomba-lomba membeli HP keluaran terbaru bahkan meninggalkan HP jadul. Namun, rupanya ada beberapa orang yang mencari HP jadul, biasanya mereka adalah kolektor.

HP jadul juga sering disebut sebagai barang yang awet dan tahan banting. Mau dilempar sekuat apapun, HP jadul masih tetap nyala. Tapi yang lebih menarik adalah model HP-nya yang sering diburu para kolektor dengan harga fantastis.

Berikut daftar HP jadul yang diincar kolektor di antaranya:

1. Nokia 808 Pureview

Mengutip Banggairaya.id, Nokia memang mencicipi masa keemasannya di era 90 hingga 2000-an, dan HP terbitan tahun 2012 ini menjadi salah satu produk yang paling dibanggakan. Ia sudah dibekali OS Symbian dengan kamera beresolusi 41MP. Jika ada yang memiliki HP ini, bisa lepas dengan harga sekitar Rp 4 jutaan.

Baca Juga: HP Legend Nokia 150 Hadir dengan Spesifik Baru, Harga Cuma Rp 400 Ribu

2. Motorola Aura

Selain Nokia, Motorola juga sempat merajai pasar HP. Salah satu HP populer saat itu adalah Motorola Aura. Bentuknya yang unik dan otentik ini sudah tidak diproduksi lagi sehingga ada beberapa pemilik Motorola Aura yang menjualnya dengan harga mencapai Rp 23 juta.

3. Motorola DynaTAC 8000X

Ini adalah ponsel genggam pertama di dunia, tahun rilisnya sendiri sekitar awal 1980-an. Apabila dibandingkan dengan ukuran ponsel modern, Motorola DynaTAC 8000X terbilang sangat besar. Berkaitan dengan statusnya, ponsel ini memiliki harga fantastis dan menjadi buruan kolektor.

4. Samsung SPH-N270

Dilansir dari Sindonews.com, Samsung SPH-N270 menjadi ponsel yang langsung memikat sejak pertama kali muncul. Setelah menghentikan produksi, unitnya pun masih banyak dicari.

Baca Juga: Deretan HP Android Ini Punya Kualitas Kamera Mirip iPhone

5. Orbitel Citiphone

Orbitel Citiphone merupakan ponsel klasik yang dirilis sekitar 1980-an. Ponsel ini dikatakan sebagai salah satu ponsel pertama yang menyebar di Inggris. Melihat statusnya yang berusia sangat lama, para kolektor tak keberatan untuk membayar mahal demi ponsel tersebut.

Ponsel bekasnya diperkirakan memiliki harga antara £600 hingga £1.000 atau Rp 19 jutaan. Demikian ulasan mengenai HP jadul yang banyak menjadi incaran kolektor.

6. Nokia 8800

Pada eranya, ponsel ini dianggap sebagai gawai yang cukup mewah. Beberapa fitur yang dibawakan seperti layarnya yang tahan gores, bobotnya ringan, hingga mekanisme geser yang canggih. Saat ini, unit bekas Sapphire 8800 masih bernilai hingga £2.000 atau Rp 39 jutaan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga